SIMULASI KEKUATAN STRUKTUR MODEL VARIASI CAKRAM SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

  • Goodman Octavianus Universitas Global Jakarta
  • Adhes Gamayel Universitas Global Jakarta
  • Riyan Ariyansah Universitas Global Jakarta
Keywords: Variasi Model Cakram, Ansys Workbench, Tegangan (von-Mises) Maksimum

Abstract

Abstrak. Cakram merupakan salah satu komponen utama pada sistem rem cakram sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat laju putaran roda sepeda motor. Cakram sepeda motor memiliki model pola lubang yang bervariasi jumlah dan bentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan maksimum variasi model cakram dan menginvenstigasi potensi area cakram akan retak. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan reverse engineering menggunakan metode elemen hingga. Pengujian dilakukan dengan mensimulasikan cakram pada kondisi statis dengan tekanan sebesar 1.4 MPa dan transien dengan kecepatan putaran cakram sebesar 12 rad/s menggunakan perangkat lunak Ansys Workbench R2 2021 Student Version. Hasil penelitian menunjukkan tegangan maksimum terendah pada cakram Model 1 yaitu sebesar 3.1362 MPa (simulasi statis) dan 507.91 MPa (simulasi transien). Selain itu, visualisasi distribusi tegangan hasil simulasi menunjukkan potensi resiko terendah cakram akan mengalami retak yaitu pada cakram Model 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

PPPPTK BOE, Memelihara Sistem Rem, OTO.SM02.0. Malang: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2018.

M. H. P. Miranda, R. do Nascimento Rodrigues, R. de Araújo Bezerra, P. M. C. Lamary, dan R. A. de Oliveira Neto, “Numerical investigation of material properties and operating parameters effects in generating motorcycle break squeal using the finite element method,” J. Brazilian Soc. Mech. Sci. Eng., vol. 42, no. 5, 2020, doi: 10.1007/s40430-020-02324-3.

P. Dechaumphai dan S. Sucharitpwatskul, Finite Element Analysis with ANSYS Workbench. Oxford: Alpha Science International Ltd., 2018.

A. Gamayel dan G. Octavianus, Tutorial Ansys Workbench untuk Bidang Mekanikal, Jilid 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

A. Gamayel dan G. Octavianus, Tutorial Ansys Workbench Untuk Bidang Mekanikal, Jilid 2. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

S. Mithlesh, Z. A. Tantray, M. Bansal, K. V. K. P. Kumar, V. S. Kurakula, dan M. Singh, “Improvement in performance of vented disc brake by geometrical modification of rotor,” Mater. Today Proc., vol. 47, no. xxxx, hal. 6054–6059, 2021, doi: 10.1016/j.matpr.2021.05.006.

Vishvajeet, F. Ahmad, M. Sethi, dan R. K. Tripathi, “Thermo-mechanical analysis of disk brake using finite element analysis,” Mater. Today Proc., vol. 47, no. xxxx, hal. 4316–4321, 2021, doi: 10.1016/j.matpr.2021.04.614.

A. Belhocine dan A. Afzal, “Computational finite element analysis of brake disc rotors employing different materials,” Aust. J. Mech. Eng., vol. 00, no. 00, hal. 1–14, 2020, doi: 10.1080/14484846.2020.1733175.

M. H. Pranta, M. S. Rabbi, S. C. Banik, M. G. Hafez, dan Y. M. Chu, “A computational study on structural and thermal behavior of modified disk brake rotors,” Alexandria Eng. J., 2021, doi: 10.1016/j.aej.2021.07.013.

C. Cui, N. Liu, T. Bei, dan W. Luo, “Structural simulation analysis of a certain vehicle type disc brake based on ANSYS Workbench,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1653, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1653/1/012029.

Published
2022-07-12