EVALUASI PENENTUAN PEMENANG LELANG DENGAN METODE SISTEM NILAI UNTUK PENAWARAN KONTRAKTOR PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN WAIRUHU HATIVE KECIL

  • Dian Resti Yunitasari Universitas Pattimura
  • Christy Gery Buyang Universitas Pattimura
  • Felix Taihuttu Universitas Pattimura
Keywords: Evaluasi penawaran kontraktor, Metode Sistem Nilai, Pengadaan.

Abstract

Dalam penentuan pemenang lelang sering terjadi yang mana terdapat budaya suap menyuap, proses pelelangan proyek pada penawaran Proyek Pembangunan Jembatan Wairuhu Hative Kecil Kota Ambon pihak pokja Kota Ambon menggunakan evaluasi sistem gugur, yang dimana penggunaan sering menghasilkan konstruksi yang kurang baik karena proses evaluasinya belum jelas dan rinci sehingga dapat menimbulkan perselisihan, pelaksanaan pembangunan tidak sesuai dengan rencana, kualitas konstruksi menjadi rendah, waktu penyelesaian proyek sering terlambat. Penelitian pada proyek jembatan Waihuru bertujuan untuk mendapatkan urutan calon pemenang penyedia barang/jasa (kontraktor) dengan sistem nilai dengan variasi bobot evaluasi teknis dan evaluasi biaya. Adapun beberapa perusahaan yang mengikuti penawaran tender yaitu diantaranya PT. Waagner Biro Indonesia, CV. Amanah konstruksi, CV Rachmanda Pratama, CV. Manawoko, CV. Dwi Tunggal Abadi, PT. Meranti Jaya Permai, CV. Mampu Membangun, PT. Rajawali Mitra Bersama, PT. Azriel Perkasa, PT. Cahaya Sakti Utama Jaya, PT. Lounusa Karya Mandiri, PT. Algira Utama Karya, CV. Graventia, PT. Lionel Bina Mandiri. Dari banyaknya perusahaan yang mengikuti penawaran tender pada proyek pembangunan jembatan Wairuhu hanya terdapat tiga perusahaan diantaranya PT. Azriel Perkasa, PT. Cahaya Sakti Utama Jaya, dan PT. Meranti Jaya Permai  yang memenuhi syarat dan kriteria. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah bobot evaluasi pada penawaran tender tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan melakukan pengambilan data dan wawancara dilanjutkan dengan metode analisis. Hasil dari penggunaan metode tersebut mendapatkan tiga nilai yang digunakan yaitu,  presentase evaluasi teknis 70% dan evaluasi biaya 30% mendapat nilai 39.076, evaluasi teknis 80% dan evaluasi biaya 20% mendapat nilai 44.207, dan evaluasi teknis 60% dan evaluasi biaya 40% mendapat nilai 33,945. Penggunaan 3 presentasi evaluasi teknis dan evaluasi nilai tersebut adalah untuk memperjelas ranking urutan calon pemenang tender, dan hasilnya yaitu sehingga PT. Azriel Perkasa ditetapkan menjadi pemenang dalam penawaran ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman, U. D., Sari. A., dan Arsyad, N. 2023. Analisis Variabel Kegagalan Penawaran Kontraktor Lokal dalam E-Tendering di Kota Padang. Jurnal UNP. Vol 10 No.1, 159-167.

Bintana, I. B. P., Putera, I. G. A. A. dan Adnyana, I. B. R. 2015. Kajian Metode Sistem Nilai untuk Mengevaluasi Pengadaan Jasa Konstruksi, Jurnal Spektran, 3(1), 75-81.

Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 80. 2003. Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Jakarta

Laksana, W, P. 2013. Penerapan Metode Sistem Gugur Dan Sistem Nilai Untuk Penawaran Proyek Konstruksi (Studi kasus:Pekerjaan Peningkatan Irigasi Penendem, Dinas Pekerjaan Umum Bidang Pengairan Kabupaten Lombok Timur NTB)”. Thesis. Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Yogyakarta

Maharani, C. S. Y., Priyo, M. dan Widianti, A. 2013. Analisis Penawaran Kontraktor, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Malik, Alfian. 2010. Pengantar Bisnis Jasa Pelaksana Konstruksi, ANDI, Yogyakarta.

Masri, M., Syahrizal dan Dewi, R. A. 2018. Pengukuran Kinerja Kontraktor

Berdasarkan Penawaran pada Tahap Pelelangan (Studi Kasus: Mesjid Agung Medan), Jurnal USU, 1-14.

Patil, T. C., Waghmare, A. P. dan Gawande, P. S. 2016. Tender and Bidding Process in Construction Projects, IJISET, 3(3), 492-498.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 16. 2018. Pengadaan Barang/jasa Pemerintah, Jakarta

Suatan, M. 2012. Analisis Resiko pada Evaluasi Penawaran Penyedia Jasa Pekerjaan Konstruksi, Jurnal Ilmiah Media Engineering, 2(3), 172-180. 42

Svidronova, M. M., Merickova, B. M. dan Gondasova, L. 2016. E-procurement in Contracting out of Public Goods and Services: Evidence from Slovakia, The NISPAcee Journal of Public Administration and Policy, IX(1), 57-71.

Tanubrata, M. 2006. Evaluasi Penawaran pada Proses Pengadaan Jasa Konstruksi, Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 1-23.

Tanubrata, M. dan Setiaputri, M. 2010. Proses Evaluasi Penawaran Kontraktor dengan Sistem Nilai (Merit Point System), Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 79-100.

Utami .D. A. Sari.“Pelaksanaan E-Procurement di Provinsi Sumatra Barat”. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, Vol 9 No. 3, September 2022.

Published
2023-10-20