ANALISIS PENGUKURAN WORK ABILITY SATUAN TUGAS COVID-19 MENGGUNAKAN METODE WORK ABILITY INDEX

  • A Soleman Universitas Pattimura
  • Mentari Rasyid Universitas Pattimura
  • Mutmainah Handoyo Universitas Pattimura
Keywords: Workload, Work Ability, Work Ability Index

Abstract

Saat pandemi Covid-19, Satuan Tugas Covid-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah pada Departemen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular melakukan pekerjaan di dalam Kota Masohi maupun di kota-kota lain yang termasuk dalam kawasan Kabupaten Maluku Tengah. pada situasi pandemi saat ini, mengakibatkan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh Tim Gugus Tugas, seperti bertugas sebagai korlap (koordinator lapangan) untuk urusan karantina pasien Covid-19, tim laboratorium, tim RHA (Rapid Health Assesment), ataupun mengadakan perjalanan ke luar kota untuk melaksanakan berbagai tugas terkait Covid-19. Adapun tujuan dalam penelitian adalah mengukur mental workload dan work ability petugas satgas menggunakan metode work abilitu index.  Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu work ability 7 orang (23%) Satuan Tugas Covid-19  masuk dalam kategori excellent, 18 orang (60%) dengan kategori good dan 5 orang (17) dengan kategori moderate. Perbandingan kemampuan kerja antara pegawai laki-laki dan perempuan yaitu 41,53 dan 39,73. Keduanya sama-sama berada pada kategori  good. Sedangkan berdasarkan kelompok usia, WAI tertinggi berada pada kelompok usia antara 27-33 tahun dengan rata-rata WAI (work ability index) sebesar 42,5 dan rata-rata WAI terendah berada pada kelompok usia 48-55. Ini mengidentifikasi bahwa semakin bertambahnya usia maka semakin menurun tingkat kemampuan kerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fandi Achmad. 2015. Analisa Beban Kerja Mental Untuk Menentukan Jumlah Perawat Optimal.

Amri, A. 2017. Analisis Beban Kerja Psikologis Dengan Menggunakan Metode NASA-TLX Pada Operator Departemen Fiber Line Di PT. Toba Pulp Lestari. Industrial Engineering Journal, 29–35.

Rahmat Hidayat, C. 2010. Analisis Kemampuan Kinerja Karyawan PT. Bakrie Corrugated Metal Industry (BCMI) dengan Menggunakan Work Ability Index (WAI).

Zulfa, F., & Wahyani, W. 2016. Analisa Kemampuan Karyawan Makarta Pomosda Menggunakan Metode WAI. Cyber Technology, 11(01), 26–41.

Tarwaka, dkk. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA Press. Surakarta.

Afma, V. M. 2016. Analisa Beban Kerja Operator Inspeksi Dengan Metode NASA-TLX (Task Load Index) Di PT. XYZ. 4(2), 118–112.

Hidayat. 2013. Pengukuran Beban Kerja Perawat Menggunakan Metode Nasa-Tlx Di Rumah Sakit Xyz. Jurnal Teknik Industri USU, 2(1).

Putri, U. L., & Handayani, N. U. 2019. Analisis Beban Kerja Mental Dengan Metode Nasa Tlx Pada Departemen Logistik Pt Abc. Jurnal Teknik Industri, 6 (2), 1–10.

Published
2023-06-12