ANALISA ENGINE PROPELLER MATCHING KM. SUNLIA 490 GT AKIBAT PERGANTIAN MESIN INDUK

  • Fany Laamena Universitas Pattimura
  • Latuhorte Watimury Universitas Pattimura
  • Admiral Taihutu Universitas Pattimura
Keywords: Kata kunci: Kecepatan, Propeller, Engine Propeller Matching

Abstract

Abstrak. KM. Sunlia adalah kapal penumpang yang beroperasi di perairan Irian Jaya. Daya mesin induk kapal pada awalnya adalah 2 x 1600 HP. Denga daya sebesar ini, pemilik kapal berkeinginan dapat mencapai kecepatan 15 knot, tetapi dalam kenyataannya hanya mencapai kecepatan maksimal 12 knot, akhirnya mesin induk diganti dengan daya yang lebih kecil yakni 2 x 1100 HP. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan berapa kecepatan maksimal kapal yang dicapai dengan daya mesin induk kapal yang baru. Melalui metode pengambilan data primer, sekunder dan studi literatur maka dilakukan perhitungan tahanan kapal dan EHP untuk variasi kecepatan, perhitungan distribusi daya terhadap propulsi dan perhitungan DHP, THP, BHP. Hasil Perhitungan tersebut dievaluasi BHP tersedia, system propulsi dan engine propeller matching. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, maka kapal untuk daya mesin induk yang baru dapat beroperasi dengan kecepatan 12 knot, dengan tahanan kapal adalah 128,242 kgf. Sistem propulsi yang optimal dengan daya dan kecepatan tersebut terpilih diameter propeller 1,78 m, P/D 0,1, efisiensi propeller 0,545. Adapun hasil analisa engine propeller matching dari kurva pembebanan propeller diperoleh titik operasi persentase yang dapat dipakai daya sebesar 81,85 % dengan putaran sebesar 79,60 %. Dengan demikian dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan daya mesin induk yang baru 2 x 1100 HP, kapal dapat mencapai kecepatan maksimal 12 knot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Paska et al., “Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis Baru Type 200 Dwt Untuk Medapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 3, pp. 576–585, 2016.

N. Nurhadi, H. Zen, and S. Sumarsono, “Study of Engine Propeller Matching for High-Speed Vessel with Gawn Series Propeller,” EPI Int. J. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 39–42, 2018, doi: 10.25042/epi-ije.022018.07.

A. E. Propeller, M. P. Kapal, I. Tradisional, and D. Pto, “ANALISIS ENGINE PROPELLER,” no. December 2021, pp. 97–107, 2022.

H. Yudo, P. Studi, T. Perkapalan, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Engine Matching Propeller Pada Kapal Untuk Mendapatkan Optimalisasi Pemakaian Mesin Penggerak Kapal Dan Baling – Baling Sebagai Alat Pendorong Kapal,” Kapal, vol. 4, no. 1, pp. 15–18, 2012.

O. B. Ogar, S. Nitonye, and I. John-Hope, “Design Analysis and Optimal Matching of a Controllable Pitch Propeller to the Hull and Diesel Engine of a CODOG System,” J. Power Energy Eng., vol. 06, no. 03, pp. 53–74, 2018, doi: 10.4236/jpee.2018.63005.

A. Yasim, R. K. K. Wibowo, and K. Priohutomo, “Study of Main Engine and Propeller Matching on Fishing Vessel After Reparation - Case Study of KM. Nelayan 2017-572 (in Indonesian Language),” J. Wave, vol. 15, no. 1, pp. 11–20, 2021.

“C | exp ( -0 . 1”.

W. Frederick and N. Y. J. Wiley, “The resistance and propulsion of ships / by William F . Durand .,” pp. 1859–1958, 1898.

S. S. Suardi, “Desain Kapal Penangkap Ikan Multipurpose 70 Gt,” Inovtek Polbeng, vol. 8, no. 2, p. 175, 2018, doi: 10.35314/ip.v8i2.660.

F. Laamena and A. Taihutu, “Kajian Optimasi Ukuran Kapal Tradisonal dan Perhitungan Hambatannya,” J. Tek. Mesin, Elektro, Inform. Kelaut. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: 10.30598/metiks.2021.1.1.17-22.

S. W. Adji, “Engine Propeller Matching,” Available Oc. Its. Ac. Id/Ambilfile. Php, pp. 1–31, 2005.

E. V. Lewis, “Principles Of Naval Architecture Volume I - Strength and Stability.” 1998.

B. Terhadap, T. Kmp, F. Laamena, B. G. Tentua, and Y. P. Kubela, “TINJAUAN PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER BALING-,” vol. 12, no. 2, pp. 218–226, 2022.

C. Gunawan, E. Siswanto, and L. Yuliati, “Pengaruh Penambahan Langkah Kerja terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar,” J. Rekayasa Mesin, vol. 10, no. 3, pp. 209–216, 2019, doi: 10.21776/ub.jrm.2019.010.03.1.

M. N. Sasongko and A. A. Zuhri, “Uji Performa Mesin Bensin dengan Sistem Injeksi Berbahan Bakar HCNG,” J. Rekayasa Mesin, vol. 12, no. 1, p. 69, 2021,doi: 10.21776/ub.jrm.2021.012.01.8.

M. Razi, E. Siswanto, and W. Wijayanti, “Pengaruh Derajat Pengapian terhadap Kinerja Motor Bakar 6 Langkah Berbahan Bakar Etanol,” J. Rekayasa Mesin, vol. 10, no. 3, pp. 299–308, 2019, doi: 10.21776/ub.jrm.2019.010.03.10.

Published
2023-06-12