HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN BLOK DENGAN NILAI UJIAN MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN KEDUA UNIVERSITAS TADULAKO
Abstract
Pendahuluan : Salah satu stresor timbulnya kecemasan pada mahasiswa adalah saat menghadapi ujian. Kecemasan berpengaruh pada organ viseral dan motorik, selain itu juga mempengaruhi pikiran, persepsi, dan pembelajaran. Penyelenggaraan pendidikan kedokteran di Universitas Tadulako dikemas dalam sistem blok. Muatan yang diajarkan disusun dalam blok-blok dan disetiap akhir blok diadakan ujian blok sebagai evaluasinya. Cemas saat ujian dapat menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ketika ujian, sehingga dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian blok dengan nilai ujian blok mahasiswa tahun kedua Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako. Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional, pengumpulan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan dianalisis menggunakan uji korelasi spearman. Hasil : Analisis data menggunakan uji korelasi spearman didapatkan nilai signifikansi (p) = 0,839 (p>0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) = 0,028. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian blok dengan nilai ujian blok pada mahasiswa tahun kedua Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.
Kata Kunci : Tingkat Kecemasan, Ujian blok, Mahasiswa kedokteran, HARS
Downloads
Copyright (c) 2019 Molucca Medica
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.