HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN BLOK DENGAN NILAI UJIAN MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN KEDUA UNIVERSITAS TADULAKO

  • Indah Puspitasari Kiay Demak Universitas Tandulako
  • Dian Noviandini Muharam Universitas Tandulako
  • Mohammad Salman Universitas Tandulako
Keywords: Tingkat Kecemasan, Ujian blok, Mahasiswa Kedokteran, HARS

Abstract

Pendahuluan : Salah satu stresor timbulnya kecemasan pada mahasiswa adalah saat menghadapi ujian. Kecemasan berpengaruh pada organ viseral dan motorik, selain itu juga mempengaruhi pikiran, persepsi, dan pembelajaran. Penyelenggaraan pendidikan kedokteran di Universitas Tadulako dikemas dalam sistem blok. Muatan yang diajarkan disusun dalam blok-blok dan disetiap akhir blok diadakan ujian blok sebagai evaluasinya. Cemas saat ujian dapat menghambat fungsi kognitif yang berpengaruh pada performa ketika ujian, sehingga dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian blok dengan nilai ujian blok mahasiswa tahun kedua Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako. Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional, pengumpulan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan dianalisis menggunakan uji korelasi spearmanHasil : Analisis data menggunakan uji korelasi spearman didapatkan nilai signifikansi (p) = 0,839 (p>0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) = 0,028. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian blok dengan nilai ujian blok pada mahasiswa tahun kedua Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako. 

Kata Kunci : Tingkat Kecemasan, Ujian blok, Mahasiswa kedokteran, HARS

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-19
Section
Articles