KARAKTERISTIK DAN POLA LUKA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA AMBON PERIODE 2014-2017

  • Ricky Nelson Daniel Cosme Ratu Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Arkipus Pamuttu Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Johan B Bension Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
Keywords: Kecelakaan lalu lintas, visum et repertum, karakteristik, pola luka

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian di jalan raya yang terjadi tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi serta tercatat sebagai satu penyebab utama kematian terbesar di dunia. Penelitian karakteristik dan pola luka pada korban kecelakaan lalu lintas di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa visum et repertum dengan jenis penelitian yakni deskriptif retrospektif. Didapatkan sampel penelitian sebanyak 45 sampel dalam periode tahun 2014-2017. Usia terbanyak korban kecelakaan lalu lintas yaitu pada kelompok umur 25-44 tahun (42%), jenis kelamin terbanyak yaitu laki-laki (80%), pola luka terbanyak ada luka lecet (50%) dan lokasi luka terbanyak adalah pada daerah kepala dan anggota gerak bawah (31%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Angela, Z. A., Tomuka, D., & Siwu, J. (2013, Maret). Pola luka pada kasus kecelakaan lalu lintas di blu rsu prof dr rd kandou manado periode 2010-2011. Jurnal e-Biomedik, 1(1).
2. Aycock, E. (2010). Traffic accident reconstruction (3rd ed.). Fresno: Neptune Engineering, Inc.
3. Djaja, S., Widyastuti, R., Tobing, K., Lasut, D., & Irianto, J. (2016, Juni). Gambaran kecelakaan lalu lintas di indonesia tahun 2010-2014. Jurnal Ekologi Kesehatan, 15(1).
4. Feng, S., Li, Z., Ci, Y., & Zhang, G. (2015, September). Risk factors affecting fatal bus accident severity: their impact on different types of bus drivers. Accident Analysis and Prevention, 86.
5. González, A., Bonilla, J., Quintero, M., Reyes, C., & Chavarro, A. (2015, March). Analysis of the causes and consequences of accidents. Revista Ingeniería de Construcción, 31(1).
6. Hsieh, C. H., Hsu, S. Y., Hsieh, H. Y., & Chen, Y. C. (2017, Mat). Differences between the sexes in motorcycle-related injuries and fatalities at a twaiwanese level I trauma center. Biomedical Journal, 40.
7. Jennissen, C. A., Harland, K. K., & Denning, G. M. (2016, April). Charactheristics of side-by-side vehicle crashes and related injuries as determined using newspaper reports from nine US states. Safety, 2(10).
8. Labora, J. R., Kristanto, E. G., & Siwu, J. F. (2015). Pola cedera toraks pada kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian di bagian forensik dan medikolegal rsup dr. r.d kandou periode januari 2013-januari 2014. Jurnal Biomedik, 7(1).
9. Liu, M., Chen, Y. o., & Lu, G. (2016). The analysis of serious fatal road traffic accidents in china. ICTTE.
10. Madea, B. (2014). Handbook of forensic medicine (1st ed.). Germany: Wiley Blackwell.
11. Mansuri, F. A., Al-Zalabani, A. H., Zalat, M. M., & Qabshawi, R. I. (2015, January). Road safety and road traffic accidents in saudi arabia. Saudi Med Journal, 36(4).
12. Meyer, E. (2016). Understanding injury mechanisms from real world accidents. Gothenburg: Division of Vehicle Safety Chalmers University of Technology.
13. Nugroho, A. A., & Yulianti, K. (2016, Maret). Karakteristik luka pada korban kecelakaan lalu lintas di instalasi kedokteran forensik rsup sanglah denpasar bali. E-Jurnal Medika, 5(3).
14. Oktavianti, P. H. (2016, Agustus). Prevalensi dan gambaran pola luka korban kecelakaan sepeda motor di instalasi forensik rsup sanglah denpasar tahun 2013. Intisari Sains Medis, 7(1).
15. Otte, D., Facius, T., & Brand, S. (2017, March). Injury mechanisms of aortic ruptures to vehicle occupants and vulnerable road users – an in-depth-investigation over time. Journal of Forensic Biomechanics, 8(1).
16. Post-crash response: supporting those affected by road traffic crashes. (2016). World Health Organization.
17. Riandini, I. L., Susanti, R., & Yanis, A. (2015). Gambaran luka korban kecelakaan lalu lintas yang dilakukan pemeriksaan di rsup dr m djamil padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(2).
18. Road traffic injuries. (2018). Retrieved Feb 18, 2018, from World Health Organization: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs358/en/
19. Singh, R., Singh, H. K., Gupta, S. C., & Kumar, Y. (2014, Jan). Pattern, severity and circumtances of injuries sustained in road traffic accidents: a tertiary care hospital-based study. Indian Journal of Community Medicine, 39(1), 30-35.
20. Sondakh, S., Siwu, J. F., & Mallo, J. F. (2015, April). Prevalensi visum et repertum orang hidup pada kecelakaan lalu lintas di instalasi gawat darurat blu rsup prof dr r d kandou manado periode tahun 2013. Jurnal e-Clinic, 3(1).
21. Þráinsdóttir, E. D. (2017). The analysis of injury mechanisms from frontal car accidents. Reykjavik: Faculty of Industrial Engineering, Mechanical Engineering anc Computer Science,School of Engineering and Natural Sciences,University of Iceland.
22. Vahdati, S. S., Ghafarzad, A., Rahmani, F., Panahi, F., & Rad, A. O. (2014, March). Patterns of road traffic accidents in north west of iran during 2013 new year holidays: complications and casualities. Bull Emerg Trauma, 2(2), 82-85.
23. Wang, L., Wu, Y., Yin, P., Cheng, P., Liu, Y., Schwebe, a. C., . . . Huc, M. Z. (2018, March). Poisoning deaths in china, 2006–2016 . Bull World Health Organ 2018, 96(32).
24. Wangdi, C., Gurung, M. S., Duba, T., Wilkinkson, E., Tun, Z. M., & Tripathy, J. P. (2017, July). Burden, pattern and causes of road traffic accidents in Bhutan, 2013–2014: a police record review. International Journal of Injury Control and Safety Promotion, 25(1).
Published
2021-05-15
Section
Articles