BAGAIMANA PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT TIDAK MENULAR DAN POS BINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR DI KOTA AMBON DAN PULAU SAPARUA?

  • Aldo Evan Wijaya Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Maxwell L. V. Malakauseya Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Annastasia Ohoiulun Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Anggun L. Hussein Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Christiana Rialine Titaley Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Bertha Jean Que Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Filda de Lima Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Leonardo S. Liesay Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Lidya Saptenno Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Putri Ulandari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
Keywords: Persepsi, Posbindu, PTM

Abstract

Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang seringkali tidak banyak dideteksi dan disadari karena umumnya PTM tidak menimbulkan gejala dan keluhan. Oleh karena itu, peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM di Indonesia. Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), merupakan salah satu solusi memberdayakan masyarakat dalam pengendalian PTM melalui promotif dan preventif faktor risiko secara terpadu. Posbindu PTM di Daerah Timur Indonesia khususnya di Provinsi Maluku, masih kurang sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat secara umum dan kader secara khusus. Menyadari permasalahan ini, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang PTM dan Posbindu PTM di Kota Ambon dan Pulau Saparua. Studi ini merupakan penelitian kualitatif yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Unversitas Pattimura, Ambon. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2019-Januari 2020 dan informan dipilih dengan menggunakan motode non-probabilty sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam (WM) dan focus group discussions (FGD). Pada penelitian ini, didapatkan ada beberapa kesalah-pahaman di masyarakat tentang Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), masih adanya kesalah-pahaman informasi antara penyakit tidak menular dan penyakit menular serta gejalanya di masyarakat Kota Ambon dan Pulau Saparua, serta adanya kesalah-pahaman masyarakat terkait pelaksanaan Posbindu PTM. Adanya tanggapan yang baik dari masyarakat dengan adanya pelaksanaan Posbindu PTM. Penyuluhan dan media informasi sangat dibutuhkan untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat. Banyak masyarakat juga mengatakan bahwa pelaksanaan Posbindu itu tidak cukup hanya sebatas pengendalian faktor risiko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Rumata VM. Perilaku Pemenuhan dan Penyebaran Informasi Publik Bagi Masyarakat Kota dan Desa. J Penelit Komun [Internet]. 2017;20(1):91–106. Available from:
http://bppkibandung.id/index.php/jpk%0APERILAKU
2. Warganegara, Efrida, Nur NN. Faktor Risiko Perilaku Penyakit Tidak Menular. J Major [Internet]. 2016;5(2):88–94. Available from: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1082
3. Puspita R. Kemenkes: Usia Harapan Hidup Orang Indonesia 71,4 Tahun [Internet]. Republika. 2019 [cited 2020 Feb 22]. Available from: https://nasional.republika.co.id/berita/pyg3cb428/kemenkes-usia-harapan-hidup-orang-indonesia-714-tahun
4. Jayusman TAI, Widiyarta A. Efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) Di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Din Gov J Ilmu Adm Negara. 2018;
5. Fuadah DZ, Rahayu NF. Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (Ptm) Pada Penderita Hipertensi. J Ners dan Kebidanan (Journal Ners Midwifery). 2018;5(1):020–8.
6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Strategi Pencegahan dan Pengendalian PTM di Indonesia [Internet]. Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan RI. 2019 [cited 2020 Feb 4]. Available from: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/profil-p2ptm/latar-belakang/strategi-pencegahan-dan-pengendalian-ptm-di-indonesia
7. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Perkembangan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Indonesia 2013-2019. Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan RI.
8. Kementerian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI. 2012.
9. Titaley CR, Que BJ, Lima FVI de, Husein AL, Sara LS, Ohoiulun AE, et al. Kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Saparua, Maluku: Persepsi dan pengetahuan kader tentang Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Ambon; 2019.
10. Ohoiulun AE. Pentingnya memutus kabel picu sang bom waktu. Siwalima. 2020 Jan 18;
11. Ahmadi R. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: AR-Ruzz Media; 2016. 119–267 p.
12. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Penyakit Tidak Menular [Internet]. Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan RI. 2016 [cited 2020 Feb 4]. Available from: http://p2ptm.kemkes.go.id/dokumen-ptm/peraturan-menteri-kesehatan-republik-indonesia-nomor-71-tahun-2015-tentang-penanggulangan-penyakit-tidak-menular
13. Sari P. EVALUASI PELAKSANAAN REVITALISASI POSYANDU DAN PELATIHAN KADER SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Rw 06 Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Tahun 2017). J Pengabdi Kpd Masy. 2018;
14. Mashdariyah A, Rukanah. Peran Masyarakat Dalam Kegiatan POSBINDU PTM Di Kelurahan Lumpur Kabupaten Gresik Tahun 2019. Midwiferia J Kebidanan. 2019;5(2):1–11.
15. Kusmeita H. Sosialisasi Peningkatan Posbindu PTM dan Pembekalan Kader Posbindu di Provinsi Bengkulu [Internet]. Kementerian Kesehatan RI. Available from: http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/bengkulu/sosialisasi-peningkatan-posbindu-ptm-dan-pembekalan-kader-posbindu-di-provinsi-bengkulu
16. Fatmah, Nasution Y. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posbindu dalamPengukuran Tinggi Badan Prediksi Lansia, Penyuluhan Gizi Seimbang dan Hipertensi Studi di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Media Med Indones. 2012;46(1):61–8.
17. Sicilia G, Dewi FST, Padmawati RS. Evaluasi kualitatif program penyakit tidak menular berbasis Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Muara Bungo I. J Kebijak Kesehat Indones JKKI. 2018;7(2):88–92.
18. Amanah S. Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia. J Penyul. 2007;3(1).
19. Latif R. Peran Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Pencegahan Infeksi Menular Seksual (Ims) Pada Mahasiswi Di Asrama Griya Brawijaya [Internet]. Universitas Brawijaya. 2015 [cited 2020 Feb 28]. Available from: http://repository.ub.ac.id/125602/.
Published
2021-06-23