ACADEMIC BUOYANCY MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DITINJAU BERDASARKAN JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI DI UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON
Abstract
Pendahuluan. Academic buoyancy merupakan kemampuan seseorang untuk dapat berhasil menghadapi permasalahan akademis dan tantangan sehari-hari, seperti nilai yang buruk, mengejar deadline, tekanan ketika menghadapi ujian dan tugas-tugas yang sulit. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai academic buoyancy pada mahasiswa serta perbedaan tingkat Academic Buoyancy pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian cross sectional, dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner dan sampel penelitian sebanyak 394 mahasiwa tahun ajaran 2019/2020. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Academic Bouyancy pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura cukup baik dengan persentase sebanyak 61% dari total sampel, dan tidak ditemukan perbedaan yang bermakna antara tingkat Academic Bouyancy berdasarkan jalur masuk (p>0.05). Dengan demikian, hasil penelitian ini secara tidak langsung mengindikasikan bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menghadapi hambatan-hambatan akademis yang dialami dalam proses pendidikan kedokteran.
Kata Kunci : Academic buoyancy, perguruan tinggi, gambaran
Downloads
References
2. Wahyudi R, Bebasari E, Nazriati E. Gambaran tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau tahun pertama. JIK. 2015: 107-13.
3. Pariat L, Rynjah A, Joplin, Kharjana MG. Stress levels of college student: interrelationship between stressors and coping strategies. IOSR Journal of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS). 2014: 40-6.
4. Martin AJ. Academic Buoyancy and Academic Outcomes: Towards a further understanding of students with attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), students without ADHD, and academic buoyancy itself. British Journal of Education. 2014; 84: 86-107.
5. Martin AJ, Yu K, Ginns P, Papworth B. Young people’s academic buoyancy and adaptability: A crosscultural comparison of China with North America and the United Kingdom. Educational Psychology. 2016.
6. Martin AJ, Marsh HW. Workplace and academic buoyancy: psychometric assessment and construct validity amongst school personnel and students. Journal of Psychoeducational Assessment. 2008; 26 (2): 168-184.
7. Martin AJ. Academic buoyancy and academic resilience: exploring “everyday and classic‟ resilience in the face of academic adversity. School Psychological International. 2013; 34: 488-500.
8. Martin AJ, Marsh HW. Academic resilience and academic buoyancy: multidimensional and hierarchical conceptual framing of causes, correlates and cognate construct. Oxford Review of Education. 2009;3: 353-70.
9. Martin AJ. Examining a multidimensional model of student motivation and engagement using a construct validation approach. British Journal Of Education Psychology. 2007; 77: 413-40.
10. Martin AJ, Nejad H, Colmar S, Liem GAD. adaptability: conceptual and empirical perspectives on responses to change, novelty and uncertainty. Australian Journal of Guidance and Counselling. 2012; 22: 58-81.
11. Asoka Sekar Langit. Perbedaan academic buoyancy mahasiwa psikologi ditinjau dari jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri. 2019. 2019.SKRPSI.(http://lib.unnes.ac.id/33642/1/1511414109__Optimized.pdf)
12. Santrock, J. W. Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup. 13 ed. 2012. Jakarta: Erlangga.
Copyright (c) 2022 Molucca Medica
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.