HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TENTANG PERAN PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA
Abstract
Pembimbing akademik merupakan semua dosen yang disamping menjalankan peran utamanya sebagai dosen pada mata kuliah tertentu, juga diberi tugas untuk membimbing dan menasehati mahasiswa bimbingannya dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Proses bimbingan akademik mendukung mahasiswa dalam proses belajarnya sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepuasan mahasiswa tentang peran dosen PA dengan IPK di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian observsional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2021. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon Angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sampel yang terkumpul berjumlah 313 orang dengan menggunakan total sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan data akademik. Variabel yang diteliti adalah tingkat kepuasan mahasiswa tentang dosen pembimbing akademik dan indeks prestasi kumulatif dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada hubungan antara tingkat kepuasan mahasiswa tentang peran dosen pembimbing akademik dengan indeks prestasi kumulatif, dengan nilai p = 0,833 pada signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan mahasiswa tentang peran dosen pembimbing akademik dengan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Pembimbing Akademik, Indeks Prestasi Kumulatif.
Downloads
Copyright (c) 2022 Molucca Medica
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.