HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA ANGKATAN 2021 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

  • Maria Renwarin Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Alessandra Saija Universitas Pattimura
  • Laura Huwae Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
Keywords: Self Efficacy, Tingkat stress, mahasiswa

Abstract

Self efficacy merupakan keyakinan diri individu mengenai kemampuannya untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, dan mengimplementasi tindakan untuk mencapai kecakapan atau suatu tujuan tertentu. Self efficacy dapat mempengaruhi tingkat stres mahasiswa tahun pertama, hal ini dihubungkan dengan stresor akademik seperti sistem pembelajaran, beban belajar, dan perkuliahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan tingkat stres mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional yang dilakukan pada bulan September 2021. Sampel yang terkumpul berjumlah 207 responden berdasarkan total sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner Generalized Self Efficacy Scale (GSES) dan Perceived Stress Scale (PSS) yang telah dimodifikasi dan tervalidasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan self efficacy dengan tingkat stres. Variabel diuji menggunakan uji chi square dengan hasil p < 0,001 pada signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dengan tingkat stres mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristiyani T. Self regulated learning. Edisi I. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press; 2016. 83 p.

Utami S, Rufaidah A, Nisa A. Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi covid-19 periode april-mei 2020. Ter J Bimbing dan Konseling. 2020;4(1):20–7.

Putra AH, Ahmad R. Improving academic self efficacy in reducing first year student academic stress. J Neo Konseling. 2020;2(2):1–9.

Ambarwati PD, Pinilih SS, Astuti RT. Gambaran tingkat stres mahasiswa. J Keperawatan Jiwa. 2017;5(1):40.

Charlson F, van Ommeren M, Flaxman A, Cornett J, Whiteford H, Saxena S. New WHO prevalence estimates of mental disorders in conflict settings: a systematic review and meta-analysis. Lancet. 2019;394(10194):240–8.

Ulumuddin AB. Hubungan tingkat stres dengan kejadian insomnia pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan universitas diponegoro. Skripsi. Semarang; 2011.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan nasional riset kesehatan dasar. Kementerian Kesehatan RI. 2018.

Tantra MA, Irawaty E. Hubungan antara tingkat stres dengan hasil belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara angkatan 2014. Tarumanagara Med J. 2019;1(2):367–72.

Barseli M, Ahmad R, Ifdil I. Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. J Educ J Pendidik Indones. 2018;4(1):40.

Putri GAN, Ariana AD. Pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19. Bul Ris Psikol dan Kesehat Ment. 2021;1(1):104–11.

Anggunan, Hariansyah H. Hubungan coping mechanism dengan hasil ujian akhir blok basic medical science pada mahasiswa angkatan 2016. J ilmu Kedokt dan Kesehat. 2017;4(1):5–7.

Ekayamti E. Hubungan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir semester dengan prestasi belajar mata ajar anatomi fisiologi. Cakra Med. 2019;6(1):6–12.

Saba RT, Lisiswanti R, B EC. Hubungan self-efficacy terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat pertama fakultas kedokteran universitas lampung. Fak Kedokt Univ Lampung. 2018;7(3):12–6.

Anindya GS, Sartika D. Hubungan antara self-efficacy dengan stress pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di universitas islam bandung. Pros Psikol. 2018;4(1):345–51.

Indira IE. Stress Questionnaire: stress investigation from dermatologist perspective. Psychoneuroimmunology in Dermatology. 2016;141–2.

Dahlan MS. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan: deskriptif, bivariat, dan multivariat dilengkapi dengan menggunakan spss. Seri Evidence Based Medicine 1. Ed. 3. Jakarta: Salemba Medika; 2011. 1–196 p.

Safitri I, Yolida B, Surbakti A. Hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. J Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm. 2019;7(3):32–40.

Fitriani W. Analisis self efficacy dan hasil belajar matematika siswa di man 2 batusangkar berdasarkan gender. AGENDA J Anal Gend dan Agama. 2017;1(1):141–58.

Suherman DP, Purwianingsih W, Diana S. Analisis hubungan self-efficacy dan metakognitif terhadap hasil belajar siswa SMA berdasarkan gender pada konsep genetika. Assim Indones J Biol Educ. 2018;1(1):14–20.

Fallan L, Opstad L. Student Self-Efficacy and gender-personality interactions. Int J High Educ. 2016;5(3):32–44.

Asriani E, Kustiawan E. Analisis kemandirian belajar mahasiswa universitas bangka belitung berdasarkan tiga jalur penerimaan. Senari. 2017;562–9.

Jannah AM. Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian SBMPTN. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Langit AS. Perbedaan academic buoyancy mahasiswa psikologi unnes ditinjau dari jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri.Skripsi. Universitas Negeri Malang; 2019.

Pratami RR. Pengaruh jalur seleksi masuk, lingkungan keluarga dan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri semarang tahun 2014.Skripsi. Semarang; 2015.

Wardiani DA. Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa keperawatan universitas kusuma husada surakarta saat menjalani skripsi pada masa pandemi covid-19. Skripsi. Universitas Kusuma Husada Surakarta; 2020.

Merry, Mamahit Christine Henny. Stres akademik mahasiswa aktif angkatan 2018 dan 2019 universitas swasta di DKI Jakarta. J Konseling Indones. 2020;6(1):6–13.

Hafifah N, Widiani E, Rahayu WH. Perbedaan stres akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan berdasarkan jenis kelamin di fakultas kesehatan universitas tribhuwana tunggadewi malang. Nurs News (Meriden). 2017;2(3):220–9.

Ramadhanti IF, Hidayati NO, Rafiyah I. Gambaran stressor dan strategi koping pada mahasiswa tahun pertama fakultas keperawatan universitas padjadjaran. J Pendidik Keperawatan Indones. 2019;5(2).

Adian K. Hubungan antara efikasi diri dengan tingkat stres pada mahasiswa perantau tahun pertama di yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta; 2019.

Pangastutiningtyas RD, Djamhoer TD. Pengaruh academic self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama perkuliahan daring. Pros Psikol. 2021;7(2):514–9.

Avianti D, Setiawati OR, Lutfianawati D, Putri AM. Hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas malahayati. PSYCHE J Psikol. 2021;3(1):83–93.

Oktavia WK, Rahmah F, Wulandari H, Feliana F. Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. 2019. 142–9 p.

Arista MP. Hubungan tingkat stres dengan kejadian dysmenorrea pada remaja putri di man 1 kota madiun. Skripsi. Dr Diss. Madiun; 2017.

Purwati S. Tingkat stres akademik pada mahasiswa reguler angkatan 2010 fakultas ilmu keperawatan universitas Indonesia. Jakarta; 2012.

Siregar IK, Putri SR. Hubungan self-efficacy dan stres akademik mahasiswa. Cons Berk Kaji Konseling dan Ilmu Keagamaan. 2019;6(2):91–5.

Published
2022-11-10