IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA POKA RUMAH TIGA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  • Yudi hukunala UNIVERSITAS PATTIMURA
Keywords: implementasi, nilai-nilai, pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai landasan kehidupan masyarakat Desa Poka Rumah Tiga dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila, sebagai ideologi dasar negara Indonesia, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Desa Poka Rumah Tiga.

Hasil menunjukkan bahwa masyarakat Desa Poka Rumah Tiga secara aktif mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Nilai-nilai seperti gotong royong, musyawarah mufakat, keadilan sosial, demokrasi, dan ketuhanan yang maha esa tercermin dalam kegiatan sehari-hari seperti pertanian, perekonomian, pendidikan, dan budaya. Masyarakat Desa Poka Rumah Tiga menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam mengatasi berbagai tantangan dan membangun hubungan sosial yang harmonis di antara sesama warga desa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-24
How to Cite
hukunala, Y. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA POKA RUMAH TIGA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 119-124. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.1.119-124