PENGENALAN BAHASA JERMAN BAGI ANAK SD DAN SMP DI KELURAHAN KENDANGSARI II GANG 2 KOTA SURABAYA

Indonesia

  • Biancha Elizabeth Matulessy Universitas Pattimura
  • Samuel Patra Ritiauw Universitas Pattimura
Keywords: bahasa jerman, metode ceramah plus, pengenalan bahasa asing

Abstract

Penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Jerman, memiliki nilai penting dalam konteks global. Penelitian ini bertujuan memperkenalkan pembelajaran bahasa Jerman kepada anak-anak di Kelurahan Kendangsari II, Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah Ceramah Plus. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11 Juni 2024, dengan materi pengenalan alphabet, angka dan frasa sederhana dalam bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menyambut baik pengenalan bahasa Jerman, menunjukkan minat yang tinggi, dan mampu memahami abjad, angka dan frasa sederhana. Metode yang interaktif dan adaptif terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka. Kesimpulan menunjukkan bahwa metode ini dapat diterapkan untuk memperkenalkan bahasa asing kepada anak-anak dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-28
How to Cite
Matulessy, B., & Ritiauw, S. (2024). PENGENALAN BAHASA JERMAN BAGI ANAK SD DAN SMP DI KELURAHAN KENDANGSARI II GANG 2 KOTA SURABAYA. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181-185. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.2.181-185