EDUKASI LITERASI DIGITAL PADA ANAK REMAJA KELURAHAN PASSO DALAM MENANGKAN CYBERBULLYING

  • Secondina Arbol Universitas Pattimura
Keywords: edukasi, literasi digital, , remaja, cyberbullying

Abstract

Edukasi literasi digital menjadi tuntutan utama di era teknologi saat ini, khususnya bagi remaja yang menjadi pengguna aktif berbagai platform digital. Media sosial telah menjadi rujukan utama dalam mencari informasi. Akan tetapi, berbagai konten yang tersedia di platform digital tidak selalu memberikan manfaat positif. Banyak ditemukan konten-konten berbahaya yang dapat berdampak buruk pada pola pikir dan perilaku kaum remaja. Memperkuat program edukasi literasi terkait penggunaan internet yang bertanggung jawab dan cerdas diperlukan agar remaja dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal namun tetap terlindungi dari dampak negatif. Program sosialisasi tentang edukasi literasi digital merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan remaja kelurahan Passo dalam menangkal cyberbullying. Secara keseluruhan kegiatan sosialisasi ini telah memberikan dampak positif yang cukup signifikan bagi para remaja kelurahan Passo dalam mengedukasi literasi digital serta keterampilan praktis yang mereka peroleh untuk  menjadi “upstander” yang aktif melindungi diri dan melawan cyberbullying sehingga tercipta lingkungan digital yang aman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-05
How to Cite
Arbol, S. (2024). EDUKASI LITERASI DIGITAL PADA ANAK REMAJA KELURAHAN PASSO DALAM MENANGKAN CYBERBULLYING. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 333-336. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.4.333-336