PENGENALAN CARA DAN TEKNIK BELAJAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI SMP NEGERI 18 AMBON
Abstract
Kecepatan siswa dalam memahami penjelasan guru di kelas berbeda-beda. Ada yang cepat tanggap, ada pula yang lambat. Hal ini turut dipengaruhi oleh cara/gaya belajar. Perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki karakteristik yang unik dan berbeda yang berpengaruh terhadap cara siswa belajar. Dengan mengetahui cara belajar siswa dapat memaksimalkan potensi belajarnya sehingga tujuan belajarnya dapat tercapai. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa- siswi mengenai berbagai macam cara/gaya belajar dan teknik belajar. Gaya belajar terdiri atas 3 yakni, visual, auditori dan kinestetik. Pelatihan ini dilakukan di SMP Negeri 18 Ambon yang bertempat di Negeri Ema, Kecamatan Leitimur Selatan dengan subjek yaitu siswa kelas 8 (delapan) sebanyak 15 orang yang dilaksanakan pada 10 November 2021 di laboratorium komputer SMP Negeri 18 Ambon. Metode pelatihan adalah ceramah sekaligus praktek. Siswa dapat masuk ke tautatan yang disediakan untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan karakteristiknya dan langsung mendapat hasil tes gaya/cara belajarnya. Setelah memberikan materi cara dan teknik belajar serta tes gaya belajar ke siswa-siswa SMP Negeri 18 Ambon, siswa-siswi mendapat pengetahuan baru. Para siswa mengetahui cara/gaya belajarnya sendiri melalui hasil tes gaya belajar entah cara belajarnya visual, auditori ataupun kinestetik. Dengan mengetahui cara/gaya belajar yang tepat dapat memudahkan siswa dalam proses belajar mandiri di rumah dan tidak menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber informasi. Para siswa juga diperkenalkan dengan berbagai teknik belajar yang dapat sesuaikan dengan masalah dan prioritas belajar setiap siswa sehingga diharapakan akan berdampak pada peningkatan prestasi siswa karena sasaran belajarnya tercapai.
Downloads
Copyright (c) 2023 Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.