PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP

  • Vantri Pieter Kelelufna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Victory Sorong
  • Yasinta Embu Ika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Victory Sorong
Keywords: discovery learning, sains, pengetahuan, keterampilan, sikap.

Abstract

Abstrak, Pendidikan yang baik dilihat dari proses pembelajaran dan hasil belajar yang dicapai oleh para lulusan. Oleh karena itu perbaikan mutu pendidikan pada setiap jenjang telah dilakukan oleh pemerintah dengan penyempurnaan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana, fasilitas belajar, sumber balajar,  peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan pendekatan kompetensi siswa. Namun tidak dapat dipungkiri hasil yang didapat masih jauh dari apa yang diharapkan yang mana nilai hasil belajar IPA masih rendah. Guru harus mampu memberikan keterampilan dalam  mengembangkan pengetahuan serta sikap percaya diri agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan proses sains, membentuk sikap positif terhadap ilmu sains dengan menikmati dan menyadari keindahan, keteraturan perilaku alam serta dapat menjelaskan berbagai peristiwa alam dan dapat menerapkan keluasan ilmu sains dalam kehidpan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Non random control group, pre-test-post-test design (Donald Ary, 2010: 307). Sebelum proses pembelajaran dimulai dilakukan tes awal (pre-test), dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discover learning dengan siswa  yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi tata surya. Hal ini dibuktikan dengan  nilai thitung 2,426 dengan nilai signifikannya adalah 0,018<0,05. Sementara keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi tata surya dengan mempunyai nilai  thitung 2,732 dengan nilai signifikannya 0,008<0,05 dengan nilai dk=N-2-62.                        

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, Donald et al. (2010). Introduction to Reseacrh in Education (Eighth Edition). United States of Amerika: Wadsworth
Ary, Donald. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Surabaya Usaha Nasional, 4000
Elmubarok, Zaim. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Hendrizal, H. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Tematik Terpadu. Jawa Timur: Kun Fayakun
Sujarweni, Wiratna dkk. (2019). The Master book of SPSS: Mengolah Data Statistik untuk segala Keperluan Secara Otodidak/V. Yogyakarta: Start Up.
https://www.dpr.go.id/bk/rekap-perlak-uu/id/203
Published
2023-04-30