Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru dan dampak strategi tersebut dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 di SD Negeri Curuglanglang 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik triangulasi berupa data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang diperkuat dengan hasil literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, termasuk penggunaan bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat kecerdasan peserta didik, penerapan metode pembelajaran yang interaktif, dan penciptaan lingkungan belajar yang mendukung. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca di tingkat SD, dengan penekanan pada strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam pembelajaran membaca kelas 1.
Kata Kunci: Strategi, guru, kemampuan membaca, peserta didik, sekolah dasar.
Downloads
References
Aprinawati, Iis. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar. Bangkinang: Jurnal Basicedu. Vol. 2, No. 1: 140-147. Diperoleh dari https://www.neliti.com/publications/278057/penggunaan-model-peta-pikiran-mind-mapping-untuk-meningkatkan-pemahaman-membaca
Aswasulasikin., Ibrahim, Doni Septu Marsa., dan Hadi, Yul Alfian. (2020). Penciptaan Lingkungan Ramah Literasi Melalui Partisipasi Masyarakat. Lombok: Jurnal Dimaswadi. Vol. 1, No. 1: 1-7. Diperoleh dari http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/dimaswadi/article/view/1829
Dewi, Sri Utami Soraya. (2015). Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas awal sekolah dasar. Mojokerto: jurnal program studi PGMI. Vol. 2, No. 1: 1-13. Diperoleh dari http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/43
Hoerudin, Cecep Wahyu. (2022). Implementasi Model Tipologi Interaksi untuk meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis online. Jakarta: Research and Development Journal of Education. Vol. 8, No. 1: 242-255. Diperoleh dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/12436
Johannes, Nathalia Yohanna., Salamor, Lisye., dan Taihuttu, Eukaristy Stevania. (2021). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kemitraan Dengan Keluarga Sendiri Pada SD Negeri 2 Hulaliu. Ambon: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Vol. 9, No. 1: 1-10. DOI: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol9issue1page1-10
Kharizmi, Muhammad. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Bireuen: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 2: 11-21. Diperoleh dari http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Laily, Idah Faridah. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Cirebon: Mathematics Education Learning and Teaching. Vol. 3, No. 1: 52-62. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Machromah, Isnaeni Umi., dkk. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Surakarta: Buletin KKN Pendidikan. Vol. 2, No. 2: 100-104. Diperoleh dari https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10796
Mirnawati. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Sulawesi : Jurnal Kependidikan. Vol. 9, No. 1: 98-112. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.14
Rahmandani, Siti Nurhidayati., Idris, Muhamad., dan Ayurachmawati, Puji. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Siswa Kelas I SD Negeri 90 Palembang. Bangkinang: Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). Vol. 4, No. 4: 1545-1550. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5571
Saripudin, Aip dan Faujiah, Isnaeni Yuningsih. (2018). Strategi Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD (Studi Kasus Pada TK di Kota Cirebon). Cirebon: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 4, No. 1: 129-149. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2637
Seknun, M. Yusuf. (2012). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Gowa: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Vol. 15, No. 1: 120-131. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a10
Setiawan, Tri Yudha. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Kupang: Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. Vol. 2, No. 2: 176-179. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.394
Syafitri, Cici Ratika dan Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Bangkinang: Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 4, No. 2: 1335-1346. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.600
Usman, A. Samad. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Aceh: Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol. 15, No. 1: 13-31. Diperoleh dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/554
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.