LITERASI DIGITAL CALON GURU SEKOLAH DASAR DI STKIP PERSADA EVAV TUAL PASCA PANDEMI COVID-19

  • Brian Ricard Wola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persada Evav Tual
Keywords: Literasi digital, Guru, Sekolah dasar

Abstract

Pada masa pasca pandemi COVID-19 ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terjadi begitu cepat sebagai akibat dari penyesuaian terhadap pademi sebelumnya. Situasi ini menuntut pelajar harus memiliki kemampuan literasi digital untuk memanfaatkan teknologi dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi digital calon guru sekolah dasar di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Evav Tual pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian terdiri dari 119 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital calon guru sekolah dasar di STKIP Persada Evav Tual pasca pandemi COVID-19 secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 59%. Tingkat literasi digital pada aspek internet searching (67%) termasuk pada kategori tinggi, hypertext navigation (58%) termasuk pada kategori sedang, content evaluation (54%) termasuk pada kategori sedang, dan knowledge assembly (60%) termasuk pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu dasar pertimbangan mengenai pelaksanaan pembelajaran di STKIP Persada Evav Tual selain tatap muka, baik itu pembelajaran daring atau campuran pada masa normal baru pasca pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admiraal, W., van Vugt, F., Kranenburg, F., Koster, B., Smit, B., Weijers, S., & Lockhorst, D. (2017). Preparing pre-service teachers to integrate technology into K–12 instruction: evaluation of a technology-infused approach. Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 105-120. https://doi.org/10.1080/1475939X.2016.1163283

Alakrash, H. M., & Razak, N. A. (2022). Education and the fourth industrial revolution: lessons from COVID-19. Computers, Materials & Continua, 70(1), 951-962. https://doi.org/10.32604/cmc.2022.014288

Catalano, H. (2019). Opportunities and challenges of education in the digital age. Astra Salvensis, 7(14), 25-30. Diperoleh dari https://astrasalvensis.eu/2019-2/

Cintang, N., & Fajriyah, K. (2018). Inovasi mata kuliah pembelajaran tematik bagi calon guru sekolah dasar untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan abad 21. Malih Peddas, 8(1), 22-37. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i1.2401

Ehret, C., & Čiklovan, L. (2020). How speculative designs produce new potentials for education research in digital culture. Discourse: Studies in the Cultural Politics of Education, 41(5), 708-722. https://doi.org/10.1080/01596306.2020.1774713

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.

Gruszczynska, A., & Pountney, R. (2013). Developing the concept of digital literacy in the context of schools and teacher education. Enhancing Learning in the Social Sciences, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.11120/elss.2013.05010025

Guppy, N., Verpoorten, D., Boud, D., Lin, L., Tai, J., & Bartolic, S. (2022). The post‐COVID‐19 future of digital learning in higher education: Views from educators, students, and other professionals in six countries. British Journal of Educational Technology, 53(6), 1750-1765. https://doi.org/10.1111/bjet.13212

Johnson, R. B., & Christensen, L. B. (2014). Educational Research: Quantitative, Qualitative and Mixed Approaches, Fifth Edition. California: Sage Publication Inc.

Khong, H., Celik, I., Le, T. T., Lai, V. T. T., Nguyen, A., & Bui, H. (2023). Examining teachers’ behavioural intention for online teaching after COVID-19 pandemic: A large-scale survey. Education and information technologies, 28(5), 5999-6026. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11417-6

Kusumo, F. A., Subali, B., & Sunarto, S. (2022). The analysis of student’s digital literacy with Microsoft e-learning media. Journal of Primary Education, 11(2), 165-177. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i2.61402

Mega, I. R. (2020). Students’ perception of digital literacy competence as learning sources. Majesty Journal, 2(1), 47-53. https://doi.org/10.33487/majesty.v2i1.351

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi COVID-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nur, M. R. (2023). Pentingnya kesetaraan gender pada guru tingkat sekolah dasar (Study kasus di Madrasah Ibtidaiyah NW Loyok). Al-Mujahidah, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v4i1.61

Pasalbessy, C., Johannes, N. Y., & Mahananingtyas, E. (2022). Pengaruh media pembelajaran Quizziz terhadap motivasi belajar dan karakter mahasiswa PGSD Universitas Pattimura Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 299-309. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page299-309

Peng, D., & Yu, Z. (2022). A literature review of digital literacy over two decades. Education Research International, 2022(1), 1-8. https://doi.org/10.1155/2022/2533413

Purnamasari, L., Herlina, K., Distrik, I. W., & Andra, D. (2021). Students’ digital literacy and collaboration abilities: An analysis in Senior High School students. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 48-57. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v4i1.8452

Republik Indonesia. (2023). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.

Rifayanti, Z. E. T., & Salamah, E. R. (2019). Implementation of digital literacy in social sciences education elementary school with wayang media for STKIP Bina Insan Mandiri PGSD students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 533-542). https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26850

Salamor, L., Gaite, T., & Bella, F. N. (2022). Pengaruh kemampuan literasi terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila pada siswa kelas II SD Negeri 64 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 311-317. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page311-317

Selegi, S. F., & Aryaningrum, K. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui pembuatan video tutorial alat peraga edukasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 77-89. https://doi.org/10.53696/27219283.144

Shopova, T. (2014). Digital literacy of students and its improvement at the university. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26-32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

Suchyadi, Y., Sundari, F. S., & Alfiani, R. (2021). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 48-53. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3191

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 003-013).

Tabieh, A. A., Hamzeh, M., Abu-Foudeh, B. K. S., Jarrar, N., Al-Manaseer, S., Al-Shawabkeh, A., & Seikaly, R. (2021). Digital literacy and its acquisition by teachers and principals at educational workplaces. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(5), 38-55. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.5.3

Yamin, M., & Fakhrunnisaa, N. (2022). Persepsi literasi digital mahasiswa calon guru IAIN Palopo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.13294
Published
2023-10-03