EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

  • Elsa Latuhaimallo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pattimura
  • Elsina Sarah Tamaela Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pattimura
  • Mariana Sahetapy Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pattimura
  • Felicia Aswaly Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pattimura
  • Lentji Unawekla Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pattimura
Keywords: Alat peraga sederhana, model discovery learning, kemampuan kognitif

Abstract

Abstrak. Penggunaan alat peraga yang dibuat oleh guru merupakan salah satu cara yang dapat dipakai untuk mengatasi kendala dalam mengajarkan kosep fisika. Alat peraga menjadi alat bantu untuk menyampaikan informasi pengetahuan kepada peserta didik. Proses transfer informasi tersebut menjadi lebih mudah diterima dengan penggunaan model Discovery Learning. Model yang bersifat konstruktivis akan membantu peserta untuk membentuk konsep sehingga memberikan dampak pada kemampuan kognitif mereka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMA Negeri 41 Maluku Tengah, dengan subjek peserta didik kelas XI IPA sebanyak 11 orang. Data dikumpulkan melalui instrumen tes yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1). Kemampuan kognitif sebelum pembelajaran dimulai memperlihatkan secara keseluruhan gagal untuk mencapai ketuntasan; 2) Kemampuan kognitif setelah proses pembelajaran memperlihatkan bahwa 9,09% sangat baik; 18,82% baik dan 9,09% cukup dengan rerata 83,95; 3) Hasil uji peningkatan kemampuan kognitif ada pada kategori tinggi dengan nilai 0,8. Model Discovery Learning dengan bantuan alat peraga sederhana efektif mampu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik untuk materi fluida ststis.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar, B., Ibrahim, I. and Maimun, M., 2022. Profile of student problem-solving skills using discovery learning model with cognitive conflict approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), pp.1340-1349.

Cahyani, E., & Pratiwi, H. Y. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kerjasama Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(1), 42-47.

Dinata, D., & Yuliani, H. (2022). Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Di Pembelajaran SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(2), 49-55.

Effendy, I., & Abi Hamid, M. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa SMK negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81-88.

Hajian, S., Jain, M., Liu, L. A., Obaid, T., Fukuda, M., Winne, P. H., & Nesbit, J. C. (2021). Enhancing scientific discovery learning by just-in-time prompts in a simulation-assisted inquiry environment. European Journal of Educational Research, 10(1), 989-1007.

Hotang, L. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 6 Pekanbaru semester genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56-68.

Jun-Young, O. H., & Lederman, N. G. (2018). Using an explicit nos flow map in instruction of nature of science based on the science of philosophy. Journal of Turkish Science Education, 15(3), 64-90. https://doi.org/10.12973/tused.10238a

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa madrasah ibtidaiyah da’watul falah kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151-168.

Nabilah, M., Sitompul, S.S. and Hamdani, H., 2020. Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), pp.1-7.

Nurilyasari, D. F., Sundaygara, C., & Sulistyorini, S. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Model Discovery Learning Berbasis Live Worksheet pada Pembelajaran Fisika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2), 153-162.

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 57-64.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Saptarini, D., 2022. The Effectiveness of Discovery Learning Model on Students' Metacognitive. ANP Journal of Social Science and Humanities, 3, pp.40-46.

Sari, G. P., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika materi usaha dan energi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).

Sari, I. K. W. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145-152.

Selfina, M.Sulaeman (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Hukum Newton Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ampana Kota.

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Alim, 2(1), 1-30.

Wahyuningsih, B. Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga sederhana untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. ISLAMIKA, 2(1), 84-96.

Zulkarnain, I. (2017). Perangkat soal berbasis konflik kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-8.

Published
2023-10-07