ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS DI KELAS IV, SD NEGERI 4 WAELATA: RANAH KOGNITIF AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, serta pencapaian nilai akhir siswa pada materi listrik statis dan dinamis pada siswa kelas IV Negeri 4 Waelata. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket siswa dan guru, pedoman wawancara siswa dan guru, dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan penelitian seperti data hasil penilaian dan lembaran jawaban pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor serta data kegiatan proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa berada pada kualifikasi cukup dengan rata-rata skor pencapaian 72,73, ranah afektif siswa berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata skor pencapaian 79,68, ranah psikomotor siswa berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata skor pencapaian 78,56, sedangkan nilai akhir siswa berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata skor pencapaian 77,55. Dengan demikian diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang didapat dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor berada pada kategori baik khususnya pada materi listrik statis dan dinamis di kelas IV SD Negeri 4 Waelata.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.