PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara keterlibatan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif, dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Sekolah Dasar kelas V dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,030 karena signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,030 < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar siswa di sekolah dasar
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.