IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PENGUASAAN MATERI GELOMBANG BUNYI
Abstract
Proses pembelajaran saat ini diarahkan untuk memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik sehingga setiap individu memiliki peluang yang sama untuk mencapai kompetensi dari materi ajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menjawab hal tersebut adalah strategi pembelajaran diferensiasi. Strategi pembelajaran tersebut mampu menciptakan ruang belajar yang inklusif, sehingga semua individu dengan berbagai keberagaman dapat terlayani dengan baik. Strategi pembelajaran diferensisasi diterapkan dalam pembelajaran fisika dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan materi gelombang bunyi. Implementasi strategis dilaksanakan pada 17 peserta didik dengan tipe penelitian one group pretest-posttest. Data selanjutnya dihimpun melalui instrumen tes berupa soal-soal tes dan non tes berupa daftar pertanyaan tentang profil belajar peserta didik, dan lembar kerja. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan diuji menggunakan normalitas n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik beragam, penguasaan materi awal 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal dengan rerata nilai adalah 10,32. Hasil analisis selama proses pembelajaran berlangung menunjukkan rerata skor pencapaian peserta didik 86,56 berada pada kualifikasi baik. Rerata skor pencapaian tes akhir peserta didik mencapai 86,31 dengan kualifikasi baik. Hasil uji N-gain diperoleh rerata skor peserta didik 0,84 yang berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implikasi dari penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi adalah terjadi peningkatan penguasaan materi gelombang bunyi dengan baik.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.