APPLICATION OF INTEGRATIVE LEARNING MODULES IN IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN SOCIAL SCIENCES LESSONS IN CLASS IV PRIVATE ELEMENTARY SCHOOL 06 KEPALA MADAN

  • Ima Facey Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Samuel Patra Ritiauw Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Elsinora Mahananingtyas Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Leonid Ritiauw Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Model Integratif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan penerapan model pembelajaran integratif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV dengan materi perjuangan para pahlawan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dalam penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta 06 Kepala Madan yang terdiri dari 17 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi tes, observasi, analisis data dilakukan dengan kuantitatif yakni menggunakan analasis deskritif, Uji N- Gain. Rumus dalam penelitian ini adalah presentase, mean untuk mencari nilai akhir dan uji normalitas Gain menggunakan aplikasi SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran integratif pada pembelajaran IPS kelas IV SD Swasta 06 Kepala Madan, hasil tes awal dengan jumlah siswa 17, siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa dan 14 siswa lainnya belum berhasil mencapai KKM. Dan setelah dilakukan tes lanjutan hingga pada siklus II, tes akhir menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan hasil tes akhir pada siklus II menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki nilai >60 sebanyak 17 siswa dengan kategori tinggi. Hal ini dilihat berdasarkan perhitungan normalisasi gain dengan nilai rata-rata pretest adalah 30,58 dan nilai rata-rata posttest adalah 87,58 serta nilai rata-rata n-gain adalah 81,93. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran integratif pada pelajaran IPS kelas IV dengan materi perjuangan para pahlawan dapat meningkatkan hasil belajara pada siswa kelas IV SD Swasta 06 Kepala Madan.Penelitian ini merupakan penelitian dengan penerapan model pembelajaran integratif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV dengan materi perjuangan para pahlawan. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dalam penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, observasi, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta 06 Kepala Madan yang terdiri dari 17 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi tes, observasi, analisis data dilakukan dengan kuantitatif yakni menggunakan analasis deskritif, Uji N- Gain. Rumus dalam penelitian ini adalah presentase, mean untuk mencari nilai akhir dan uji normalitas Gain menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran integratif pada pembelajaran IPS kelas IV SD Swasta 06 Kepala Madan, hasil tes awal dengan jumlah siswa 17, siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa dan 14 siswa lainnya belum berhasil mencapai KKM. Dan setelah dilakukan tes lanjutan hingga pada siklus II, tes akhir menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan hasil tes akhir pada siklus II menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki nilai >60 sebanyak 17 siswa dengan kategori tinggi. Hal ini dilihat berdasarkan perhitungan normalisasi gain dengan nilai rata-rata pretest adalah 30,58 dan nilai rata-rata posttest adalah 87,58 serta nilai rata-rata n-gain adalah 81,93.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran integratif pada pelajaran IPS kelas IV dengan materi perjuangan para pahlawan dapat meningkatkan hasil belajara pada siswa kelas IV SD Swasta 06 Kepala Madan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-19