ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DI KELAS III SD NEGERI 68 AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas III SD Negeri 68 Ambon yang berkemampuan tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang secara sistematis dan akurat mengacu pada sifat populasi atau daerah tertentu yang mengarahkan untuk memberikan suatu fakta, gejala atau kejadian yang sebenarnya. Dari setiap soal yang diberikan peneliti analisis terdapat siswa yang berpikir sedang, dan rendah kesulitan dalam mengerjakan persoalan yang diberikan. Selain itu siswa kelas 3 SDN 68 Ambon perlu penguatan kemampuan mengintegrasikan informasi, serta mengeneralisir pengetahuan yang dimiliki ke hal-hal lain. Siswa kelas 3 masih perlu dikembangkan lagi untuk kemampuan matematika tingkat tinggi, salah satu berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir kreatif.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.