PENGARUH VIDIO ANIMASI BERBASIS YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD N 091273 KARANG BANGUN
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui adanya pengaruh video animasi berbasis YouTube terhadap motivasi belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas IV SD Negeri 091273 Karang Bangun Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi Penelitian ini sebanyak 226 peserta didik dan dengan sampel sebanyak 24 siswa di kelas IV SD Negeri 091273 Karang Bangun Kabupaten Simalungun. Peneliti melakukan rancangan kuesioner dengan menggunakan metode kuantitatif. . Instrumen yang digunakan adalah tes berupa kuesioner skala likert, dengan taraf nilai signifikan untuk variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y) adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan hasil analisis dari regreasi linear sederhana yaitu nilai 4,696600669 > 4.26. Maka dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis YouTube berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas IV SD Negeri 091273 Karang Bangun Kabupaten Simalungun
Downloads
References
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes ). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 5–8.
Langit, J. R., Kurniati, & Suartika, I. (2023). Karakteristik Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva Mata Pelajaran Matematika di MI PUI Hegarmanah. Proceeding SEMNAS-TP (Seminar Nasional Teknologi Pendidikan), 3(1), 102–109.
Marissa, Sobri, T., & Meilantika, D. (2022). FILM ANIMASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN SD N 57 OKU MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6. Jurnal Teknik Informatika Mahakarya ( JTIM ), 5(1), 53–62.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina Ibnu. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. Jurnal Pemikiran & Pencerahan, 17(1). https://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/4168/pdf
Nurwinda, Khaedar, M., Cayati, & HS, E. F. (2022). PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 188 TANRONGI KABUPATEN WAJO. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1).
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, November, 289–302.
Ridwan, S. R., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/37653/pdf
Saputra, R. A., & Fitriana, A. (2023). PRINSIP-PRINSIP MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Studi Islam, Sosial, Dan Pendidikan, 2(2), 1–10. https://ejournal-insancendekia.com/index.php/HOME/article/view/50/29
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Z, N. E., Neviyarni, & Nirwana, H. (2023). Studi Literatur : Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359.
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.