ANALISIS POLA PEMBINAAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DI PANTI ASUHAN
(Studi Kasus Panti Asuhan di Kota Gunungsitoli)
Abstract
Anak merupakan generasi penerus perjuangan yang akan menghadapi tantangan masa depan. Anak sejak dini membutuhkan pembinaan nilai-nilai budi pekerti agar kelak dapat bersikap dan berperilaku baik dan tidak terseret arus yang menyesatkan. Panti Asuhan turut membantu dalam upaya pembinaan nilai-nilai budi pekerti anak, baik anak yatim, piatu, yatim piatu atau anak yang benar-benar tidak mampu untuk sekolah. Tujuan adalah anak dapat meneruskan sekolah dan dapat melakukan fungsi sosialnya dengan baik dimasyarakat serta berguna bagi pembangunan bangsa dan negara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di beberapa Panti Asuhan yang ada di Kota Gunungsitoli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan nilai-nilai budi pekerti di beberapa pantiasuhan yang ada di Kota Gunungsitoli meliputi pembinaan sikap terhadap Tuhan, sikap terhadap sesama manusia, sikap terhadap diri sendiri, dan sikap dalam hubungannya dengan alam sekitar. Semua pembinaan yang diajarkan di panti diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari oleh semua anak panti. Maka dapat disimpulkan bahwa semua anak panti mengimplementasikan nilai-nilai budi perkerti sesuai dengan pembinaan yang diberikan. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya pembinaan nilai-nilai budi pekerti dapat dikembangkan dan disebarluaskan kepada anak-anak lain supaya dapat menjadi bekal dimasa yang akan datang dalam mencapai cita-cita.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.