PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH STRUKTUR KAYU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI SAMBUNGAN KAYU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul pada mata kuliah struktur kayu berbasis PJBL materi sambungan kayu, dengan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, adapun tahapan dari model tersebut mulai dari (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data analisis kebutuhan, kelayakan produk oleh validator ahli materi dan ahli media, dan penilaian produk oleh mahasiswa sebagai pengguna. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan mulai dari bulan Mei- Juni 2024. Hasil dari pengembangan produk adalah bahan ajar modul. Hasil validasi dari ahli media dengan nilai validasi sebesar 75,30 (skala 100) menyatakan modul dapat digunakan dengan kriteria validasi layak. Hasil validasi dari ahli materi menyatakan modul dapat digunakan dengan revisi dengan nilai validasi 72,00 (skala 100) kriteria validasi layak. Pada penilaian produk oleh mahasiswa didapatkan hasil rata-rata skor sebesar 4,32 (skala 5) dengan kategori sangat baik dan hasil data uji coba terbatas mendapatkan peningkatan nilai rata – rata, yaitu nilai pre-test 59,50 (skala 100) dan post-test 77,50 (skala 100). Penilaian yang diberikan cenderung konsisten sehingga validitasnya dapat dipertanggungjawabkan dan bahan ajar modul layak digunakan
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.