PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 ALASA TALUMUZOI

  • Fajar Fitri Zalukhu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nias, Indonesia
  • Lestari Waruwu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nias, Indonesia
  • Noveri Amal Jaya Harefa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nias, Indonesia
  • Noibe Halawa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nias, Indonesia
Keywords: Video, Menulis, Berbasis Powtoon

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengembangkan video pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Powtoon yang layak, praktis dan efektif . Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian pengembangan video pembelajaran ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Alasa Talumuzoi. Hasil penelitian ini berupa produk video pembelajaran berbasis Powtoon pada materi menu;is teks cerita pendek. Penilaian validasi materi sebesar 98,75%, validasi bahasa sebesar 90%, dan validasi desain sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian pada angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil mencapai 97.6% dan uji coba kelompok besar mencapai 95% kategori sangat praktis. Penilaian tes hasil belajar peserta didik memperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan dengan berbasis Powtoon sangat layak, praktis, dan efektif digunakan sehingga memenuhi harapan atau tujuan penelitian. Adapun saran peneliti yaitu penelitian ini dapat mendorong peneliti lain untuk membuat video pembelajaran bahasa indonesia yang interaktif dengan aplikasi pembuatan video yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-17