PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi teks negosiasi kelas X SMK Negeri 1 Botomuzoi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Botomuzoi yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa di kelas OTKP dan ATPH-BKP sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas X TKJ sebagai kelas kontrol. Hasil temuan menunjukkan bahawa kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diperoleh rata-rata 80 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh rata-rata 68. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05, atau > (9.891 > 1,725), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi teks negosiasi kelas X SMK Negeri 1 Botomuzoi.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.