PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI

  • Agusman Halawa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Nias, Indonesia
  • Lestari Waruwu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Nias, Indonesia
  • Noveri Amal Jaya Harefa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Nias, Indonesia
  • Arozatulo Bawamenewi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Nias, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi teks negosiasi kelas X SMK Negeri 1 Botomuzoi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Botomuzoi yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa di kelas OTKP dan ATPH-BKP sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas X TKJ sebagai kelas kontrol. Hasil temuan menunjukkan bahawa kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diperoleh rata-rata 80 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh rata-rata 68. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa  nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05, atau > (9.891 > 1,725), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi teks negosiasi kelas X SMK Negeri 1 Botomuzoi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-13