PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI UPTD SMP NEGERI 1 MORO’O

  • Nisirani Waruwu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nias, Indonesia
  • Noveri Amal Jaya Harefa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nias, Indonesia
  • Arozatulo Bawamenewi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nias, Indonesia
  • Riana Riana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nias, Indonesia
Keywords: Media pop up book,, ADDIE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop up book pada materi menulis teks berita yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis (anlysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain, serta angket respon peserta didik dan evektivitas terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini berupa media pop up book pada materi menulis teks berita. Hasil kelayakan telah memenuhi kriteria sangat layak yaitu hasil penilaian dari ahli materi pada revisi I dengan pencapaian 79%, dan pada revisi II dengan pencapaian 100%. Hasil penilaian dari ahli bahasa pada revisi I dengan pencapaian 71% dan revisi II dengan pencapaian 93%. Hasil penilaian ahli desain pada revisi I dengan pencapaian 59,2% dan revisi II dengan pencapaian 93%. Hasil kepraktisan pada uji coba kelompok kecil mencapai 90% dan uji coba lapangan mencapai 88% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas pada uji coba kelompok kecil mencapai 100% dan pada uji coba lapangan mencapai 92% dengan kriteria sangat baik dan efektif. Dari hasil penelitian di atas, maka media pop up book layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-11