EKSPERIMEN MISKONSEPSI TITIK DIDIH AIR PADA SUHU 1000C UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MURID SD 36 PERUMNAS KOTA SORONG

  • Vantri Pieter Kelelufna Prodi Pend Bahasa Inggris Universitas Victory Sorong
  • Agustinus Lia Masan Prodi Pend Bahasa Inggris Universitas Victory Sorong
Keywords: miskonsepsi, Eksperimen, meningkatkan pemahaman, titik didih air, dataran tinggi, dataran rendah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara eksplisit tentang miskonsepsi titik didih air melalui teori dan praktek serta untuk meningkatkan pemahaman murid. Untuk mencapai hasil penelitian yang akuntabel dan merubah pola pikir murid maka peneliti menggunakan metode eksperimen yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Praktek titik didih air yang dilakukan di tiga tempat sesuai dengan letak, titik didih pada dataran tinggi dibawah 1000C sementara pada dataran rendah 1000C dan ada juga larutan gula pada daerah dataran rendah titik didihnya 1040C. Setelah melakukan teori dan praktek pada kelas eksperimen maka hasil post-test menunjukan 19 murid mencapai ketuntasan belajar dan 1 murid gagal, sementara kelas kontrol setelah diberikan teori secara konvensional maka post-test menunjukan 6 murid mencapai ketuntasan belajar dan 14 murid gagal. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi miskonsepsi IPA sebaiknya tidak sebatas teori tetapi harus disertai dengan eksperimen atau praktek, agar murid melihat dan mengalami secara nyata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-26