UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA JUMPING ON WORMS GAME DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan media jumping on worms game. Siswa kelas III SD Negeri Pasirgombong yang berjumlah 30 orang akan menjadi partisipan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan MC Taggart. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,27 kemudian meningkat menjadi 74,68 pada siklus I. Dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata sebanyak 4,41. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81 dan meningkatkan sebanyak 6,32 jika dibandingkan dengan siklus I. Sejalan dengan nilai rata-rata yang meningkat, persentase ketuntasan klasikal juga meningkat untuk setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase ketuntasan klasikal adalah 47% kemudian meningkat sebanyak 16% sehingga pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 63%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebannyak 17% sehingga pada siklus II persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 80%. Dapat disimpulkan bahwa media jumping on worms game dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.