PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBUATAN KARYA DEKORATIF UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kreativitas siswa kelas III sekolah dasar dalam membuat karya dekoratif pada mata pelajaran SBdP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas III sekolah dasar dalam membuat karya dekoratif pada mata pelajaran SBdP melalui penerapan model project based learning (PjBL). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Puncaksuji yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart. Data dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Dari hasil observasi kreativitas siswa diperoleh hasil bahwa pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66 kemudian meningkatkan menjadi 79 pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 82. Dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebanyak 13 dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 3. Selain nilai rata-rata, persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus, persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 50% kemudian meningkatkan menjadi 71% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 89%. Dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebanyak 21 dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat karya dekoratif.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.