PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI CIGEBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA JARIMATIKA

  • Siti Windarti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Iis Nurasiah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Irna Khaleda Nurmeta Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
Keywords: CTL, Kemampuan Perkalian, Jarimatika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model CTL berbantuan jarimatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Cigebang dengan jumlah partisipan sebanyak 15 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 49 kemudian meningkat sebanyak 24 poin sehingga pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa menjadi 73.  Pada siklus II, nilai rata-rata tes kemampuan perkalian yang diperoleh siswa adalah 85. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebanyak 12 poin. Sejalan dengan peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Pada pra siklus, persentase ketuntasan klasikal adalah 27% kemudian meningkat menjadi 47%. Dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebanyak 20%. Pada siklus II, persentase ketuntasan klasikal siswa adalah 87% meningkat sebanyak 40% jika dibandingkan dengan siklus I.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-16