PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SD NEGERI BOJONGLOA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan siswa SD Negeri Bojongloa dalam membaca permulaan yang masih rendah sehingga peneliti ingin melakukan perbaikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah menggunakan media wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa di SD Negeri Bojongloa yang berjumlah 17 orang siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Setelah digunakan media wordwall siswa mampu mengidentifikasi huruf tanda baca kemudian cara mengucapkannya untuk menjadi sebuah kata yang memiliki arti, mampu mengucapkan kata-kata yang tertulis dengan tepat, dan mampu mengidentifikasi arti dari sebuah kata yang dibaca. Pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 48 kemudian meningkat menjadi 65 pada siklus I. Dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata sebanyak 17. Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80 meningkat sebanyak 15 dibandingkan siklus I.
Downloads
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.