PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 ALASA

  • Kensi Agnes Sofyanti Lahagu Universitas Nias, Indonesia
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias, Indonesia
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias, Indonesia
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias, Indonesia
Keywords: Alat Peraga, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan alat peraga yang menunjang proses pembelajaran masih belum memadai. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui nilai rata-rata hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan alat peraga pembelajaran. (2) Mengetahui pengaruh pengunaan alat peraga pembelajaran terhadap hasil belajar IPA peserta didik di SMP Negeri 1 Alasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Alasa. Sampel penelitian terdiri atas 2 lokal, yaitu: kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar.  Hasil penelitian: (1) Rata-rata hasil belajar peserta didik di kelas Eksperimen sebesar 82,20 dengan kriteria baik dan pada kelas Kontrol sebesar 68,18 dengan kriteria cukup. (2) Adanya pengaruh penggunaan alat peraga pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Alasa sesuai hasil uji hipotesis dengan nilai thitung (5,413) ≥ nilai ttabel (1,680) dengan taraf signifikan adalah 5% (α = 0,05) artinya diterima Ha dan ditolak H0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga pembelajaran mampu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-21