PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 1 ULU MORO’O

  • Berkat Syukur Waruwu Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias, Indonesia
  • Yearning Harefa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias, Indonesia
  • Eka Septianti Laoli Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias, Indonesia
  • Asali Lase Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias, Indonesia
Keywords: Pendidikan Karakter, Prestasi Akademik, IPS Terpadu

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh  pendidikan karakter terhadap prestasi akademik siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini 76 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas  VIII   SMP Negeri 1 Ulu Moro’o. Teknik pengumpulan data yaitu melalui (1) Kuesioner, dan (2) Dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka di gunakan (1) Uji Validitas dan Realibilitas, (2) Uji Koefisien Korelasi, (3) Uji Determinan, (4) Uji Analisis Regresi Sederhana dan (5) Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji validitas diperoleh rhitung = 0,662 > rtabel = 0,227. Dikarenakan rhitung > rtabel maka angket pendidikan karakter (X) dinyatakan valid. Selanjutnya, Dalam melakukan pengujian reliabilitas angket pendidikan karakter diperoleh r11=  0,796 dan rtabel = 0,227. Dikarenakan r11> rtabel maka secara keseluruhan angket pendidikan karakter (X) dapat dinyatakan reliabel. Pada angket Prestasi akademik (Y) diperoleh rhitung = 0,738 > rtabel = 0,227. Dikarenakan rhitung > rtabel maka dinyatakan Valid.  Selanjutnya, dalam melakukan pengujian reliabilitas angket prestasi akademik diperoleh r11=  0,849 dan rtabel = 0,227. Dikarenakan r11> rtabel maka secara keseluruhan prestasi akademik dapat dinyatakan reliabel. Dilanjutkan dengan Perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh rii>rtabel atau 0,816> 0,297. Diperoleh bentuk persamaan regresi yaitu Ý = 7,58 + 0,90. Dari  hasil perhitungan pengujian hipotesis ditemukan thitung = 8,207  dan ttabel = 1,665. Maka dapat disimpulkan bahwa,  Ada pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi akademik siswa Tahun Pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Makmur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Elisabet Sitepu, “ Analysis of Psycology Of Communication Studiens to Improve Memory SMK Immanuel Medan with How to Listen in Improving Learning Achievement,” International Jurnal of Education and Research 5, no. 1 (2017):200.

Fithriyaani, F., Yudhyarta, D. Y., & Syarifudin, S. (2021). Pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.332.

Hery Gunawan, (2014), Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta,h. 30

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksar

Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler. Yogyakarta: Insan Madani.

Novan, A. W. (2014). Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Raka, Gede dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah; dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Saifuddin Azwar, Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, (2013), 43.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi (Jakarta: Rineka Cipta, 2015), 26.

Slameto, S. (2017). CRITICAL THINKING AND ITS AFFECTING FACTORS. Jurnal Penelitian Humaniora. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5187

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), 110.

Suryabrata, S. (2015). Doc 11. In Psikologi Pendidikan. Jurnal Humaniora 2020.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Utami. M. D, Ardilansari, DKK. Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Paedagoria, 3(2020).

Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Keberadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widisuseno, Iryanto. 2015. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, makalah disampaikan dalam lokakarya Universitas Brawijaya-mahkamah konstitusi: evaluasi dan rekonstruksi pendidikan karakter melalui mata kuliah pengembangan kepribadian, 12-13 Desember 2015 di Malang.

Zainal Arifin, Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), 12.

Ellis, R., Korlefura, C., & Nikma, Z. (2024). Pengaruh keterlibatan orang tua dengan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 12(1), 14–21. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol12issue1page14-21

Latuhaimallo, E., Tamaela, E. S., Sahetapy, M., Aswaly, F., & Unawekla, L. (2023). Efektifitas penggunaan model discovery learning berbantuan alat peraga sederhana untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(2), 267–275. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue2page267-275

Published
2024-10-04