PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NGESREP 03 SEMARANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana model Problem Based Learning (PBL) diterapkan dalam metode Lesson Study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngesrep 03 Semarang. Lesson Study memberi guru kesempatan untuk mempersiapkan, memantau, dan merefleksikan pembelajaran, sedangkan Problem Based Learning menekankan pada pemecahan masalah individu dan kelompok. Penelitian ini menggunakan dua siklus pendekatan penelitian tindakan kelas plan-do-see, yang didasarkan pada lesson study. Dua puluh satu siswa menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi. Ada peningkatan yang nyata dalam hasil antara siklus 1 dan 2. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 71,90, menunjukkan 62% penyelesaian, sedangkan pada siklus 2, nilai rata-rata naik menjadi 87,14, menunjukkan 86% penyelesaian. Selain itu, aktivitas siswa meningkat.
Downloads
References
Amalia, F., & Sundari, S. (2019). Penerapan model problem-based lerning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA. Jurnal Pendidikan Sains Indoneisa, 7(2), 158-166.
Damayanti, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.
Kurniawati, F. (2018). Implementasi lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 15-22.
Masek, A., & Zulnaidi, H. (2019). Effect of problem-based learning on critical thingking and comumunication skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 118-128.
Nuhung, D. (2018). Implementasi Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 10(2),67-75.
Nurhayati, S., & Rahayu, U. (2020). Pengaruh Lesson Study terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 113-120.
Nuzalifa, Y.U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 48-57.
Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30.
Rahmawati, I. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 120-130.
Sari, D. (2021). Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 45-54.
Susilo, G., Ibrohim, & Purnomo, A. (2011). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2), 12-19.
Sute, A., Hero, H., & Helvina, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan siswa kelas V sekolah dasar. Journal On Teacher Education, 4(3), 294-302.
Wicaksono, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 15-22.
Widiyatmoko, A. (2018). Impementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 23-31.
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.