PENERAPAN KETERAMPILAN 4C SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR

  • Uning Hafifah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Ayu Rahmawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Khusnul Bukhary Fanaldy Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Darsono Darsono Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
Keywords: Pembelajaran, Keterampilan 4C, PPKn SD

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang mampu menjawab tantangan nasional. Pencapaian tujuan pendidikan memerlukan pembelajaran efektif yang mencakup penerapan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi (4Cs). Kemampuan tersebut menjadi unsur kunci dalam pengembangan karakter dan potensi peserta didik khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan keterampilan 4C dalam pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis (SLR) untuk mengkaji dan menafsirkan temuan penelitian yang relevan. Kajian ini menunjukkan bahwa keterampilan 4C, khususnya berpikir kritis dan berkolaborasi,berperan penting dalam mencetak peserta didik yang mempunyai jati diri bangsa yang kuat. Dengan menerapkan keterampilan tersebut, peserta didik akan mampu berpartisipasi aktif  dalam interaksi sosial dan mengembangkan keterampilan berpikir, komunikasi, dan kerjasama yang penting di era globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-14