STRUKTUR LINGUISTIK BAHASA (BUNYI BAHASA FONOLOGI DAN MORFOLOGI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi linguistik yang melibatkan aspek fonologi dan morfologi dalam bahasa. Fonologi memusatkan analisis pada sistem bunyi dan mungkin dalam membedakan makna, sementara morfologi meneliti struktur kata dan cara pembentukannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis untuk memahami hubungan antara fonologi dan morfologi dalam pembentukan kata dan kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan yang erat antara struktur fonologi dan morfologi dalam bahasa, yang secara bersama-sama mempengaruhi cara bahasa berkembang dan dipahami oleh penutur. Kajian ini juga memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kajian linguistik, khususnya dalam pemahaman terhadap perubahan bahasa dan pemerolehan bahasa.
Downloads
References
Azzahra, I. S. S. (2022). Reduplikasi: Macam-Macam Pengulangan dan Proses Pengulangan. Retrieved from https://www.salamahazzahra.com/pustaka/read/makalah-bahasa-indonesia/19/reduplikasi-macam-macam-pengulangan-dan-proses-pengulangan
Author links open overlay panelKathleen Rastle, & AbstractMorphology is a major organising principle of English and other alphabetic languages. (2018). The place of morphology in learning to read in English. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0010945218300571
Bayu, A. K., Rahmawati, F., Pujiati, M., & Aji, N. A. (n.d.). Prosiding. 357–362.
Fernando, M., Basuki, R., & Suryadi, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Morfologi Pada Karangan Siswa Kelas Vii, Smpn 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.8592
Fisnia Pratami, Suryani, Sundari, & Siska. (2023). Proses Afiksasi Pada Cerpen Mata Yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 48–56. https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2143
Junifer, S. (2021). Buku Morfologi. Morfologi, 5–20.
Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik.
Kusmiati, M., & Sumirat, D. N. (2011). Program S-I Pendidikan Guru Sekola Dasar Universitas Pendidikan Indonesia. 0903166, 1–40.
Nurhayati, S. (2023). Analisis Tingkat Kesalahan Penggunaan Morfologi pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMK dan Kesesuaiannya dengan Tuntutan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum SMK Tahun 2013 Edisi Revisi. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1), 82–95. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4390
(N.d.). Diakses dari https://fsip.teknokrat.ac.id/peran-linguistik-terapan-dalam-pengembangan-materi-pengajaran-bahasa-membangun-dasar-pendidikan-yang-kokoh/
Redaksi5, D. O. (2021). Aspek Fonologi Dalam Pembelajaran Bahasa. Diakses dari https://prokabar.com/aspek-fonologi-dalam-pembelajaran-bahasa/
Syahrul Mubarok. (2023). Peran Fonologi Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Dummy : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(3C), 1–14.
Waridah. (2020). Pemerolehan Fonologi Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Pemerolehan Fonologi Dalam Perkembangan Bahasa Anak, 2(1), 66–75.
Wilkinson, P. (2013). Strukturalismus. 50 Schlüsselideen Architektur, 2(02), 172–175. https://doi.org/10.1007/978-3-8274-3066-3_44
Copyright (c) 2024 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.