IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN GANTING SIDOARJO

  • Maria Ulfa Universitas Terbuka, Indonesia
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
Keywords: Kata kunci : Implementasi media digital, meningkatkan mutu pembelajaran

Abstract

Abstrak : Implementasi media pembelajaran memiliki banyak manfaat termasuk dalam memperbaiki mutu pembelajaran dan meningkatkan minat peserta didik dalam belajar,  mengurangi rasa bosan  dan  suasana belajar yang positif serta dapat mempererat hubungan peserta didik dengan guru sebagai fasilitator. Tujuan dari penelitian ini ialah menjelaskan tentang implementasi pembelajaran dengan menggunakan media digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Ganting. Pembahasan dalam penelitian ini  menggunakan metode studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara, di SDN Ganting. Hasil dari penelitian ini membuka pengetahuan baru tentang berbagai informasi tetang implentasi pembelajaran media digital seperti pengertian media digital, metode pembelajaran, contoh dari media digital, mafaat kelebihan media digital, dan  peranan media digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang dilaksanakan DI SDN Ganting.

 

 

IMPLEMENTATION OF DIGITAL-BASED LEARNING MEDIA IN IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING AT SDN GANTING SIDOARJO

 

Abstract: The implementation of learning media has many benefits, including improving the quality of learning and increasing students' interest in learning, reducing boredom and creating a positive learning atmosphere and can strengthen the relationship between students and the teacher as facilitator. The aim of this research is to explain the implementation of learning using digital media in improving the quality of learning at SDN Ganting. The discussion in this research uses a qualitative study method with a descriptive approach and involves interviews, which were conducted at SDN Ganting. The results of this research open up new knowledge about various information about the implementation of digital media learning, such as the meaning of digital media, learning methods, examples of digital media, the advantages of digital media, and the role of digital media in improving the quality of learning carried out at SDN Ganting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

(Pokhrel 2024)…, H. Hanafiah, B. A. Rukiyanto, and ... 2023. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Community … 4(6):13121–29.

Agus, Suryana, 85–97. Indra, NoviansyahAgus, S., Indra, N., & Farah, T. (2022). EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), and Tamara Farah. 2022. “EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies EduInovasi : Journal of Basic Educational Studies.” Journal of Basic Educational Studies 2(1):85–97.

Angga, Prayogi Dwina. 2024. “Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial ( IPAS ) Kelas IV SDN Embung Karung.” 9:2556–63.

Aulia, Sheilatul, Narulita Diva Saraswati, Lidia Catraliya Hikmawati, Artika Iesa karunia illahi, Ari Metalin Ika Puspita, Program Studi Pendidikan Akuntansi, and Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 2024. “Pendidikan Berkualitas Untuk Semua: Mewujudkan Hak Asasi Manusia Di Bidang Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(5):307–15.

Diah Rusmala Dewi. 2019. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8(1):1–22. doi: 10.51226/assalam.v8i1.123.

Fahrina Yustiasari Liriwati. 2023. “Revolusi Digital Dan Merdeka Belajar: Meningkatkan Daya Saing Siswa Di Era Teknologi.” Journal Innovation In Education 1(3):221–31. doi: 10.59841/inoved.v1i3.284.

Faradila, Zira Putri. 2024. “Peran Perencanaan Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menarik.” Karimah Tauhid 3(5):6046–53.

Haniko, Paulus, Riri Mayliza, Suriati Lubis, Baso Intang Sappaile, and Siti Aisyah Hanim. 2023. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian Materi Dalam Pembelajaran.” Community Development Journal 4(2):2862–68.

Juhaeni, Juhaeni, Elvita Indah Cahyani, Faricha Ajeng Mega Utami, and Safaruddin Safaruddin. 2023. “Pengembangan Media Game Edukasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Instructional and Development Researches 3(2):58–66. doi: 10.53621/jider.v3i2.225.

MARLIANI, LITA PUTRI. 2021. “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi 1(2):125–33. doi: 10.51878/paedagogy.v1i2.802.

Menjadi, A. K. U., and Lebih Tertib. 2024. “Pengembangan E-Modul Berbantuan.” 10(September).

Miftahul Jannah, Feryana N., H. Nuroso, Mudzanatun Mudzanatun, and E. Isnuryantono. 2023. “Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(1). doi: 10.20961/jpd.v11i1.72716.

Mulvey, Charles. 1984. “Wage Policy and Wage Determination in 1983.” Journal of Industrial Relations 26(1):112–19. doi: 10.1177/002218568402600108.

Nardawati, Nardawati. 2021. “Perencanaan Pendidikan Yang Baik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Literasiologi 6(2):14–25. doi: 10.47783/literasiologi.v6i2.254.

Novela, Dina, Ari Suriani, and Sahrun Nisa. 2024. “Implementasi Pembelajaran Inovatif Melalui Media Digital Di Sekolah Dasar.” Journal of Practice Learning and Educational Development 4(2):100–105. doi: 10.58737/jpled.v4i2.283.

Pokhrel, Sakinah. 2024. “No TitleΕΛΕΝΗ.” Αγαη 15(1):37–48.

Rohmah, Balqis Fauzatul. 2022. “Analisis Aplikasi Penilaian Pembelajaran Mi / Sd.” Jurnal El-Aulady 1(1):5.

Romli, Ahmad Bagus Syifaur, Mohammad Fajar Shodiq, Achmad Defri Juliansyah, Munif Mawardi, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. 2023. “Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 15(2):214–23. doi: 10.47435/al-qalam.v15i2.2340.

Sarifah, Fatikhatus, and Tutut Nurita. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi.” Pendidikan Sains 11(1):22–31.

Sholicha, Nikmatus, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. 2024. “Peran Guru Dan Strategi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aktif Siswa Di Kelas IV SD Al-Huda Sidoarjo.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(4):4387–98. doi: 10.54373/imeij.v5i4.1559.

Suparman Arif, Muhammad Basri, Maskun, Sumargono, Aprilia Triaristina, and Yustina Sri Ekwandari. 2022. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Sejarah Nasioanal Berbasis Ispring Suite.” Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):31–39. doi: 10.23960/buguh.v2n2.1029.

Wahyuni, Tri, Asep Purwo, Yudi Utomo, Indah Fitrianingrum, Hesti Ambarwati, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, and Universitas Negeri Semarang. 2023. “Implementasi Media Edulastic Sebagai Instrumen Asesmen Dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Di SMP Negeri 2 Semarang.” Concept: Journal of Social Humanities and Education 2(1):107–14.

Widodo, Antok, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Islam Di Sekolah.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 15(2):251–58. doi: 10.47435/al-qalam.v15i2.2358.

Yuanta, Friendha. 2020. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1(02):91. doi: 10.30742/tpd.v1i02.816.

Published
2025-04-21