METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Elsinora Mahananingtyas Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: metode Quantum Learning, efikasi diri, hasil belajar

Abstract

Metode pembelajaran Quantum Learning merupakan metode belajar yang mengajak siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan, sehingga siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya. Metode pembelajaran Quantum Learning diharapkan dapat menumbuhkan efikasi diri yang tinggi pada setiap siswa. Jika setiap siswa memiliki efikasi diri yang tinggi maka siswa yang nilainya di bawah kriteria ketuntasan minimal pembelajaran IPS akan berkurang. Efikasi diri merupakan kepercayaan diri yang dimiliki oleh setiap orang untuk memotivasi dirinya sendiri agar tetap konsisten dalam belajar untuk mencapai apa yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada siklus pertama, belum tampak perubahan yang signifikan terhadap hasil pembelajaran, siswa juga belum terbiasa dengan metode quantum learning, setelah dilanjutkan ke siklus dua tampaklah peningkatan hasil belajar siswa dan efikasi diri siswa meningkat, dibuktikan dengan adanya motivasi diri siswa yang tinggi untuk menyelesaikan tugas-tugas dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S, & Z, Luluk, F. 2009. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel: Hasil Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Bandura, A. 1997. Self-efficacy:the exercise of control. New York: Free-man.
De Porter,Bobbi dan Hernacki, Mike. terjemahan Alwiyah Abdurrahman. 2010. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
De Porter,Bobbi dan Hernacki, Mike. terjemahan Ary Nilandari. 2010. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruangan-ruangan Kelas. Bandung: Kaifa.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (Eds.). (1990). TheAaction Research Reader. Victoria: Deakin University.
Rochmadi, N. W. 2008. Naskah IPS SD. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 15. Universitas Negeri Malang.
Ruminiati. 2010. Implikasi Teori Sosiobiologis dan Budaya Patriarkhi dalam Pembelajaran IPS SD Berbasis Gender. Pidato pengukuhan Guru Besar di Universitas Negeri Malang.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2020-02-03