ANALISIS STRUKTUR PENALARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA SD DI KOTA AMBON
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk melihat proses penalaran pada siswa sekolahdasar di Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatifdengan pendekatan fenomenologi untuk menggambarkan struktur penalaran siswasekolah dasar dalam pembelajaran sains. Data dalam penelitian ini dikumpulkandengan menggunakan teknik tes terulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1)Penalaran terjadi ketika seseorang mampu menciptakan model mental yangkompatibel dengan realitas. (2) Keterampilan bernalar sudah dimiliki seseorangketika lahir dan perkembangan penalaran merupakan dipengaruhi perkembanganpengetahuan. (3) Struktur pengetahuan bergantung pada kapasitas memori kerjamemahami makna verbal dari suatu konsep dan menghubungkannya dengankonsep lain.
Downloads
References
Coll, R. K 2008. Chemistry Learners' Preferred Mental Models for Chemical Bonding. Journal of Turkish Science Education (TUSED), 5(1), 22 – 47.
Clement, J. 2000. Analysis of clinical interviews: Foundations and model viability. In A. E. Kelly & R. Lesh (Eds.), Handbook of research methods in mathematics and science education (pp. 547-589). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Eskin, H. & Bekiroglu, F. O. 2009. Invertigation of a pattern between student’s in argumentation and their science content knowledge: a case study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(1), 63-70.
Gobert, J. D., & Buckley, B. C. 2000. Introduction to model-based teaching and learning in science education. International Journal of Science Education, 22(9), 891-894.57
Goel V., Buchel C., Frith C., & Dolan R. J. 2000. Dissociation of Mechanisms Underlying Syllogistic Reasoning. NeuroImage 12, 504-514.
Johnson-Laird, P. N. 1983. Mental models: Towards a cognitive science of language, inference, and consciousness. Cambridge, MA.Harvard Uni-versity Press.
Johnson-Laird P N, Byrne R M J. 1991. Deduction. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
Johnson-Laird P N. 2010. Mental models and human reasoning. Proc Natl Acad Sci USA 107:18243–18250.
Kaymak, E., Bekiroglu, O. F. 2013. How Students Epistemological Beliefs the Domain Of Physics and Their Conceptual Change are Related. Europen Journal of physics Education, 4: (I).
Khemlani, S., & Johnson-Laird, P.N. 2009. Disjunctive illusory inferences and how to eliminate them. Memory & Cognition, 37
Lawson, A.E. 2010. Basic inferences of scientific reasoning, argumentation, and discovery.Science Education, 94, 336–364.