MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOSIAL INKUIRI
Abstract
Kurikulum 2013 pada sekolah dasar mengembangkan prinsip pembelajaran terintegrasi di mana posisi pembelajaran IPS sebagai pengait antar mata pelajara. Dengan berpatokan pada prinsip tersebut, maka sesungguhnya pembelajaran di sekolah dasar diberikan kesempatan yang seluasnya agar guru dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk menjembatani pembelajaran tersebut, maka model pembelajaran sosial inkuiri merupakan salah satu model yang tepat dalam menumbuhkan keterampilan berpikir dan jiwa sosial siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Amri, Sofan dkk. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Banks, James. A. 1990. Teaching Modeles For The Social Studies (Inquiry, Valuing, And Decision Making). Longman. New York and London
Beyer, K. Barry. 1971. Inquiry In The Sosial Studies Classroom (A Strategy For Teaching). Charles E Merrill Publishing Company. Ohio
Gulo, W. 2008. Model Belajar-Mengajar. Penerbit Grasindo. Jakarta
Hamalik, Oemar. 1990. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Isjoni. 2007. Integrated Learning (Pendekatan Pembelajaran IPS Di Pendidikan Dasar). Penerbit Falah Production. Bandung
Joice, Bruce dan Weil. 2000. Models Of Teaching. A Pearson Education Company. United States Of America
-----------1992. Models Of Teaching. Englewood Cliffs. Prentice Hall.inc
Johson. Elaine B. 2010. Contextual Teaching and Learning Menjadikan kegiatan belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning
Rahmanto D Saputro dan Ganes Gunansyah. 2012. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Unesa. Press.
Sanjaya, Wina. 2006. Model pembelajaran (berorientasi standar proses pendidikan). Kencana Prenada Media. Jakarta
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep danPembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperatif Learning (analisis model pembelajaran IPS). Penerbit Bumi Aksara. Jakarta
Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya. Bandung
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta
UNESCO. 1996. An Asian Model of Education Development: Prospective for 1965-1980. Paris: UNESCO
Utami Munandar, dan Agus Tangtong. 1995. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini, JBandung: Rosdakarya.
Wahab, Abdul Azis. 2007. Model Dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penerbit Alfabeta. Bandung
Wena, Made. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Penerbit Bumi Aksara. Jakarta
Woolever, Roberta dan Scott. 1988. Active Learning In Social Studies. Scott, Foresman adn Company. Boston London