PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BAGI SISWA KELAS 5 SD NEGERI TOISAPU

  • Nathalia Yohanna Johannes Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Pendidikan Agama Kristen, Tipe Two Stay Two Stray, Siswa SD, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada hakekatnya berpangkal atau berpokok kepada Allah sendiri karena Allah-lah yang menjadi Pendidik Agung bagi umat-Nya. Oleh sebab itu pembelajaran Pendidikan Agama Kristen perlu dirancang dengan baik, dengan metode yang tepat maupun cara pembelajaran yang kreatif dan efisien. Rancangan pembelajaran tersebut harus mampu menjadikan anak memiliki landasan kepercayaan yang kokoh kepada Tuhan Yesus.Sekolah Dasar adalah pondasi awal bagi siswa untuk bisa meneladani hal-hal yang baik.Pertumbuhan iman anak yang signifikan kepada Tuhan Yesus patut dibangun pada masa ini.Oleh sebab itu Pendidikan Agama Kristen sebagai sebuah mata pelajaran yang menekankan pendidikan karakter dan budi pekerti membutuhkan sebuah model pembelajaran yang menarik bagi siswa. Model yang mampu memotivasi siswa untuk berbicara, mengeluarkan pendapat serta memiliki hubungan kerja sama antara satu siswa dengan siswa yang lain. Kemampuan berbicara dan mengeluarkan pendapat tentunya sangat baik untuk mendorong siswa dalam memiliki kecakapan untuk bersaksi kepada orang lain tentang perbuatan-perbuatan Allah dalam dirinya. Dengan rancangan yang tepat, hasil belajar dalam Pendidikan Agama Kristen tentu akan meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe penelitian tindakan kelas yang bertempat di SD Negeri Toisapu Ambon.Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TSTS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TSTS berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.Pendidikan Agama Kristen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkitab, 2012.Lembaga Alkitab Indonesia
Arikunto, S., 2006.Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Cully, I. V. 2001. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BadanPenerbit Kristen Gunung Mulia
Dimyanti dan Mudjiono, 2009.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineke Cipta
Enklaar, H.I,2001. PendidikanAgama Kristen. Jakarta: Badan Penerbit Kristen Gunung Mulia
Fitria, S.A, dkk. 2010. PAKEM. Surakarta : CV Teguh Karya
Hakim, T., 2005.,Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspaswara
Jihad, A. 2008.Evalusi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lie, A. 2008. Cooperative Learning.Jakarta : Erlangga
Mulyasa, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Nur, M., Ibrahim, M., Racmadiarti, F. (2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press-UNESA
Nuhamara, D. 1992. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen.Jakarta : Ditjen BImas Kristen Protestan dan UT.
Sagala, S. H. 2003. Konsep dan Maknsa Pembelajaran.Bandung : Alfa Beta
Sanjaya, H. W. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Slameto, 2010.Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi.Jakata : Rineke Cipta.
Sudjana, N. 2004.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sungkono, dkk. 2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Ratumanan, T. G., 2004. Belajar dan Pembelajaran, Edisi ke-2.Surabaya : Unesa University Press.
Rusman, 2010.Model-model Pembelajaran.Jakarta : Rajawali Pers
Uzer, 2008.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-02-03