IMPLEMENTASI TEORI GENETIK EPISTEMOLOGY DALAM PEMBELAJARAN GUNA MEMANTAPKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA SEKOLAH

(Perspektif Konstruktivisme Terhadap Kultur Pendidikan Anak yang Mengakomodasi)

  • Agus Ufie Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Piaget, Teori Genetik, Epistemology

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar tercermin dalam peningkatan hasil belajar, dan  untuk  mencapai hasil belajar dibutuhkan peran aktif seluruh komponen pendidikan,  terutama  siswa  yang  berperan  sebagai input sekaligus sebagai output, serta guru sebagai fasilitator. Dengan demikian maka guru sangat diharapkan dapat memahami perkembangan peserta didik sesuai dengan tingkatan perkembangan pengetahuan mereka sebagaimana yang dikembangkan oleh Jean Piaget dalam teori Genetik Epistemology. Oleh karena itu, maka teori dalam ilmu pengetahuan pada   hakikatnya   adalah   seperangkat  konsep   yang saling terkait yang digunakan untuk menjelaskan sekumpulan data untuk membuat prediksi tentang hasil dari suatu kegiatan eksperimen di masa depan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pengenalan secara utuh teori Genetik Epistemology dapat membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih berpihak pada siswa dan dapat disesuaikan dengan tingkat kognitif setiap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, D. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Interaktif Pada Konsep Sistem Pernapasan Pada Manusia. (Online), (http://Getskripsi.Com/2008/11/26, diakses, 26 Januari 2009).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.



Creswell John W., 2010, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed
Methods Approaches, 3th, terjemahan Achmad Fawaid, Yogyakarta.

Dadang Supardan. (2015). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yayasan
Rahardja.

Depertemen Pendidikan Nasional.2003a. Kurikulum Berbasis Kompetensi Kebijakan
Umum (Buku 1-A). Departemen Pendidikan Nasional:Jakarta.
Dimyati dan Mudjiano. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Driscoll, M. P. (1994). Psikologi Belajar untuk Instruksi. Boston: Allyn dan Bacon. John W. Santrcok. 2004. Psikologi Pendidikan. Edisi II, 2008. Diterjehmakan oleh
Triwibowo B.S. Jakarta: Prenada Media Group.
Josep Ufie. 2008. Traktat Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Cahaya Pineleng. Kristanti, Wulan. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil
Belajar IPS Geografi Kelas VIII SMPN 18 Balikpapan Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2009/2010, (Online), (www.pustaka.uns.ac.id, diakses 27 Februari 2011).

Paul Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Robert, E. Salvin. 2008. Psikologi Pendidikan.Edisi VIII, Jilid I. Diterjemahkan oleh
Marianto Somosir dkk. Jakarta: PT. Indeks.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1990. Jakarta: Balai Pustaka

Watloly, A. 2001. Tanggung Jawab Pengetahuan, Mempertimbangkan Epistemology secara Kultural. Yogyakarta, Kanisius.

[Online Tersedia]. http://kadalmesirbersaudara.wordpress.com/2010/05/08/
pandangan- filsafat/ [diaskes 13 September 2011].
Published
2020-02-04