KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION

  • Elsa Latupeirissa Prodi Pend. Bahasa Indonesia
Keywords: Menulis Paragraf Argumentasi, Model Pembelajaran Group Investigation

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung atau tidak bertatap muka dengan orang lain. Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi argumen-argumen, disertai bukti, fakta, contoh yang konkrit dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca. Model Pembelajaran Group Investigation merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kemungkinan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman melalui berbagai kegiatan, dan hasil yang diharapkan sesuai dengan perkembangan yang dilalui siswa. Pembelajaran ini akan sangat aktif karena melibatkan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam hal ini mampu untuk menulis paragraf argumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Muchsin. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YE.
Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang : UMM Pres.
Shihabuddin, H. Prof. Dr. Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: UPI
Tarigan, Henry G. Prof. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto, M. Pd. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Published
2020-02-03