IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD INPRES KOBISONTA A1
Abstract
Implementasi model pembelajaran di sekolah merupakan salah satu langkah strategi yang dilakukan oleh guru dalam membangun pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Untuk itu, maka guru dituntut dapat menguasai sejumlah model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru mengembangkan pembelajaran di kelas, sehingga siswa dapat dengan mudah merekonstrauksi pembelajaran yang memungkinkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian tindakan kelas (PTK) yang difokuskan pada siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Mackay.
Daldjoeni. 1981. Dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni.
Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Kapata Arkeologi. 2009 Jurnal Arkeologi Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Muhamad. A. 2005. Penelitian Kependidikan.Bandung, Aksara.
Nana Sudjana. 1989. Penelitian dan Penelitian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
Pakem. 2006.Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan, IPS KTSP. Teguh
Karya.
Ratumanan, T. G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya. Unessa University
Press
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.
Sumadi Suryabrata. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Jakarta.
Suryabrata. 2004. Penelitian Pendekatan, Teori, Metode, Teknih dan Kiat.
Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Gajah Mada.
Tim Bina Karya Guru. 2006 IPS TERPADU. KTSP, Erlangga. Winkel, 1991. Psikologi Pengajaran, Jakarta.PT.Grasindo.