PENINGKATAN SIKAP POSITIF DISIPLIN MELALUI PENGELOLAAN KELAS BAGI SISWA SD NEGERI 41 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan kelas mampu meningkatkan sikap positif disiplin pada siswa kelas III SD Negeri 41 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Purposive sampling memiliki kecenderungan memilih informan yang tahu tentang masalah yang diteliti. Sampel dalamĀ penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD Negeri 41 Ambon. Hasil penelitian terlihat bahwa pengelolaan kelas mampu meningkatkan sikap positif disiplin pada siswa kelas III SD Negeri 41 Ambon.
Downloads
References
Bolla, John I; Joni, T.Raka dan Wardani, I.G.A.K. (Ed.). 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta: Depdikbud. Ditjen.Dikti. Proyek Pengembangan LPTK.
Brooks, Jacqueline Grennon; Brooks, Martin G. 1993. In Search of Understanding: The Case Constructivist Classrooms. Alexandria, Virginia: ASCD.
Doyle, W. 1986.Classroom Organization and Management.In Wittrock, M. (Ed.).Handbook of Research on Teaching (3rd ed.). New York: Macmillan. Pp. 392-431.
Charbonneau, Manon P.; Reider, Barbara E. 1995. The Integrated Elementary Classroom: A Developmental Model of Education for The 21 st Century. Boston: Allyn and Bacon.
Entang, M; Joni, T. Raka; Prayitno K. 1985. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Depdikbud. Ditjen.Dikti. Proyek Pengembangan LPTK.
Good, Thomas L.; Brophy, Jere E. 1991. Looking in Classrooms.Fifth Edition. New York: Harper Collins Publishers.
Kindsvastter, R., Wilen, W., & Ishler, M. 1996.Dynamics of Effective Teaching (3rd ed.). New York: Longman Publisher USA
Lickona, T. 1991. Educating for Character. New York : Bantam Books.
Moleong, Lexy J., 2001 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nazir, M., 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalian Indonesia.
Pengelolaan Kelas, dalam Materi Program Akta Mengajar III/IV. 1999. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP.
Rachman, Maman.1998/1999. Manajemen Kelas. Depdikbud.Ditjen.Dikti.Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Sumantri, Mulyani; Permana, Johar.1998/1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud., Ditjen Dikti., Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Suprayogo, I., & Tobroni, 2001.Metodologi Penelitian Sosial-Agama.Bandung : Remaja Rosdakarya