IMPLEMENTASI ALAT PERAGA KUBUS SATUAN DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan alat peraga kubus satuan dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas V SDN Karanganyar Gunung 02. Metode yang digunakan adalah mix method dengan desain concurrent embedded, di mana metode kuantitatif menjadi primer dan kualitatif sebagai pendukung. Penelitian melibatkan kelas eksperimen di Kelas VC dengan alat peraga kubus satuan dan kelas kontrol di Kelas VA menggunakan tanpa alat peraga kubus satuan. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,7656 (kategori tinggi), dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,2322 (kategori rendah). Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 90,42, lebih tinggi dari kelas kontrol 68,54. Wawancara dan observasi menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga konkret memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dan mandiri dalam memahami konsep volume kubus dan balok. Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) memungkinkan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik, sehingga meningkatkan efektivitas belajar. Penelitian ini menegaskan pentingnya media pembelajaran konkret untuk mendukung pemahaman konsep abstrak dan menciptakan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan bermakna.
Downloads
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.