DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA YAYASAN SUB BYAKI FYADI KABUPATEN BIAK NUMFOR

  • Beatus Mandelson Laka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP-Biak
Keywords: Penggunaan Handpone, Perilaku Belajar Peserta didik

Abstract

Penggunaan Handphone di kalangan peserta didik SMA sudah menjadi hal biasa, apalagi dengan fitur-fitur canggih dalam handphone yang mampu menyimpan file-file seperti filem porno, ketergantungan-ketergantungan dengan fitur-fitur di dunia maya seperti facebook, twiter, instagram, BBM dan lain-lain  sudah tentu mamberi dampak baik maupun tidak baik akibat penyalahgunan handphone tersebut.Tidak terkecuali peserta didik SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi sudah tentu telah menggunakan handphone dalam aktivitas sehari-hari bahkan dalam jam-jam belajar sekalipun dalam observasi awal pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 ditemukan gejala  bahwa sebagian besar peserta didik SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi sudah memakai handphone sebagai alat komunikasi bahkan sempat peneliti berinteraksi dengan beberapa peserta didik ternyata mereka mengatakan bahwa mereka menggunakan handphone untuk komunikasi dengan teman, orang tua, kakak, saudara, bahkan dengan guru mereka. Patut diduga bahwa kejadian yang terlihat di lingkungan SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi tidak dapat terkirakan dari pengaruh negatif sebagaimana yang di kemukakan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana perubahan sosial dalam bidang komunikasi, (2) mengetahui seberapa besar Perubahan sosial dalam bidang komunikasi, dan (3) mengetahui bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap perilaku belajar peserta didik di SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu gambaran atau lukisan secara sistematif, faktual dan akurat tentang faktor-faktor dilapangan yang berhubungan dengan kondisi di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan hanphone bagi peserta didik ada baiknya, akan tetapi ada juga buruknya. Baiknya itu jika peserta didik yang menggunakan handphone sesuai dengan fungsinya seperti, sms sama teman, sahabat serta untuk mencari tugas-tugas sekolah yang diberikan dari guru kepada peserta didik.  Namun selain manfaat yang baik juga pasti ada buruknya seperti setiap jam pelajaran ada peserta didik yang main handphone di belakang dan tidak mendengar penyampaian materi dari guru. Kemudian setelah memiliki handphone sudah jarang belajar karena kebanyakan waktu disita oleh handphone, maka peran orang tua dan guru sangatlah penting dalam memperhatiakan jam-jam belajara peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendenkatan Praktik. Jakarta: Rinekacipta.
Dekinus Kogoya, 2015 Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat Studi Pada Masyarakat Desa Iungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua, e-journal “Acta Diurna” Volume IV. No.4. Tahun 2015
Fuadi, Arifin. 2010. Pengaruh Tingkat Keseringan Menonton Televisi Pada Jam Belajar dan Kontrol Orang Tua dengan Perilaku Belajar Siswa SMP Muhammadyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hanifah. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Dalam jurnal Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi. Vol1. No.3 desember 2001
Mardiana, Nana. 2012. Upaya Guru Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Dalam jurnal penelitian pendidikan universitas Tanjung Pura Pontianak.
Nikmah, A. 2013 Dampak Penggunaan Handphone Terhadap prestasi Siswa, E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 5:1-8.
Nurudin. Sistem-Sistem Komunikasi di Indonesia. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2005.
Simanjuntak, Fritz E. Aspek Sosial Telepon Selular. www.kompas.com. 13 Mei 2004.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-02-05